PRABU DURYUDANA

Prabu Duryudana

Prabu Duryudana

Duryudana adalah putera Prabu Destarastra di Hastinapura, ia seorang Kurawa yang tertua. Korawa atau Kurawa berarti suku bangsa Kuru. Setelah dewasa Duryudana bertahta di Hastinapura bergelar Prabu Duryudana. Kurawa meskipun bersaudara misan dengan Pandawa namun senantiasa bermusuhan, hingga terjadi perang saudara, yang disebut Baratayudha. Negeri HHastinapurapura terhitung kerajaan besar, binatara, maka waktu perang Baratayudha dapat bantuan dari kerajaan lain. Sebenarnya Prabu Duryudana seorang yang sakti, tetapi tak pernah kelihatan kesaktiannya. Dalam perang Baratayudha ia bertanding dengan Raden Wrekudara. Prabu Duryudana tak dapat dikalahkan. Tetapi ketahuan oleh Wrekudara dari isyarat yang diberikan oleh Prabu Kresna dengan menepuk-nepuk paha kiri yang merupakan kelemahannya. Setelah dipupuh (dipukul) dengan gada, paha kirinya oleh Wrekudara, tewaslah ia. Kelemahan paha ini karena waktu muda Duryudana dimandikan dengan air sakti, ada bagian paha yang tertutup dengan daun beringin, maka tertinggallah bagian badan itu oleh air sakti yang membasahi seluruh badannya.
Prabu Duryudana menantu raja Mandraka, Prabu Salya. Mula-mula ia bertunangan dengan Dewi Erawati, Puteri Prabu Salya yang tertua, tetapi gagal karena puteri itu dicuri oleh Kartowiyoga, dan Prabu Duryudana mencari puteri itu tetapi gagal. Putri tersebut diketemukan oleh Raden Kakrasana, maka diperisterilah puteri itu oleh Kakrasana, yang kemudian jadi raja di Madura bernama Prabu Baladewa.
Kedua kali Prabu Duryudana bertunangan dengan puteri Prabu Salya yang kedua, bernama Dewi Surtikanti, tetapi puteri itu diperisteri oleb Raden Suryaputra, yang kemudian bernama Adipati Karna.
Ketiga kalinya, bertunangan dengan Dewi Banowati, puteri Prabu Salya yang ketiga, luluslah perkawinan ini. Namun sebenarnya, puteri Banowati tak suka pada Prabu Duryudana, karena Banowati berharap akan diperisteri oleh Raden Arjuna. Lantaran ini, Dewi Banowati .menurut juga dipermaisuri dengan Prabu Duryudana, tetapi dengan janji tak akan dilarang semasa Dewi itu bertemu dengan Arjuna sewaktu-waktu. Dikabulkanlah permintaan itu dan terlaksana pada waktu-waktu Banowati bertemu dengan Arjuna tak diganggu-gugat. Prabu Duryudana berputera Raden Lesmanamandrakumara dan Dewi Dursilawati.

BENTUK WAYANG

Prabu Duryudana bermata telengan, hidung dempak. Berjamang tiga susun dengan garuda membelakang besar, berpraba. Berkalung ulur-ulur. Bergelang, berpontoh dan berkeroncong. Kain bokongan kerajaan. Batik kain parang rusak barong, tanda kain pakaian bangsawan agung. Prabu Duryudana berwanda: Yangkung dan Jaka

Sedjarah Wayang Purwa, terbitan Balai Pustaka juga tahun 1965. Disusun oleh Pak Hardjowirogo.

About these ads

14 Komentar

  1. m/B/uH//.. said,

    Oktober 26, 2008 at 7:12 am

    wah” aku mau bilang kalau di sini ada banyak yang kurang lengkap….
    aku minta itu dong.., disebutin nama ibunya prabu duryudana….,,,
    itu aja makasih…!!

  2. bosangjay said,

    Oktober 26, 2008 at 8:16 am

    Nama ibunya prabu duryudana adalah Dewi Gandari. Untuk kelengkapan ya memang akan dilengkapi sedikit demi sedikit

    Terimakasih

  3. hendyyuniarto said,

    Mei 23, 2009 at 2:40 am

    ada versi cerita lain yang mengatakan bahwa paha duryudhana tidak terkena sinar anugerah yang keluar dari kedua mata gendari saat akan maju berperang melawan bima.

    saya ingin berbagi ,jika tidak keberatan mohon add YM saya di hendyyuniarto@yahoo.com

  4. Henri Wijaya said,

    Mei 23, 2009 at 3:58 am

    bisa minta tolong ditambahin tentang detail kelengkapan yang dipakai Duryudana semisal jenis sumping telinga, dan mahkota ajian yang dimiliki, dan lain kalo ada lagi terima kasih

  5. Henri Wijaya said,

    Mei 23, 2009 at 3:58 am

    bisa minta tolong ditambahin tentang detail kelengkapan yang dipakai Duryudana semisal jenis sumping telinga, dan mahkota serta ajian yang dimiliki, dan lain kalo ada lagi terima kasih

  6. Desember 14, 2010 at 5:15 am

    Mantap>>>>

  7. M. soedianto said,

    Februari 5, 2011 at 1:43 pm

    Nama lain dari prabu Suyudana adalah Duryudana, Kurupati ( darah kuru) Jakapitana

  8. September 20, 2011 at 6:39 pm

    […] PRABU DURYUDANA […]

  9. mandha said,

    November 5, 2012 at 10:58 pm

    thanks infonya


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 54 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: