Gamelan Flash

Saya perkenalkan karya terbaru dari GamelanParis yaitu GamelanStudio, sebuah software game kecil yang dibuat dengan menggunakan flash dan actionscript 2. Dengan menggunakan software ini anda dapat : bermain, mengkomposisi, mendengarkan dan belajar mengenai Gamelan Slendro dari daerah Jawa Barat.

Berikut adalah beberapa pentujuk penggunaan :

Menu

Dengan menggeser mouse pada bagian atas dari aplikasi Gamelan Studio, menu navigasi akan muncul. Terdapat 3 bagian dari menu ini yaitu : Action, Navigasi dan Bantuan (Help). Secara singkat deskripsi dari masing masing bagian :

  • Action untuk melakukan aksi kasi tertentu, terdiri dari 3 tombol, dari kiri ke kanan : Load, Play dan Stop
  • Navigasi untuk berpindah dari satu bagian ke bagian lain, terdiri dari 6 tombol, dari kiri ke kanan : Studio, Inst, Edit, Lib, Debug dan About
  • Help untuk memberikan penjelasan di setiap bagian dari aplikasi.

Studio

studio

Pada bagian Studio, anda dapat memilih salah satu dari alat musik yang tersedia, yaitu : saron1, saron2, peking, demung, rincik, bonang, kenong dan gong dengan mengklik pada gambar instrumen musik tersebut.

Inst

inst

Pada bagian ini anda dapat memainkan alat musik yang dipilih di bagian STUDIO dengan mengklik pada keyboard : 1,2,3,4,5,6,7, Q,W,A,Z,E,R,T,Y tergantung dari alat musik.

  • Saron1, Saron2, Peking, Demung : 1,2,3,4,5,6,7
  • Rincik, Bonang : 1,2,3,4,5,Q/A,W/Z,E,R,T,Y (tergantung pada jenis keyboard qwerty atau azerty).
  • Kenong : 1,2,3,4,5
  • Gong : 1,2

Disini anda dapat memainkan lagu aktif (lagu yang dipilih pada bagian LIB) dengan cara 1) mengklik tombol Load dan kemudian 2) tombol Play. Disini anda akan dibimbing oleh notasi yang berfungsi seperti karaoke untuk memainkan alat musik anda. Pada kanan bawah terdapat HIT TEST yang memperlihatkan tingkat keberhasilan permainan anda.

Lib

lib

Pada bagian LIB anda dapat memilih lagu dari beberapa pilihan yang ada. Salah satunya adalah Blank dimana anda dapat mengkomposisi lagu sendiri.

Edit

edit

Pada bagian ini anda dapat mengubah notasi dari lagu yang dipilih.

Debug

debug

Pada bagian ini anda dapat mengatur volume dari alat alat musik yang tersedia dan kemudian memainkannya dengan mengklik load dan play.

Gamelan studio masih merupakan versi beta atau percobaan, saya meminta bantuan teman teman untuk memberikan saran dan kritiknya dengan mengisi bagian komentar. Beberapa lagu gamelan yang terdapat di game ini dapat didengarkan dan di download melalui : http://babulous.com/GamelanParis

Game ini saya letakkan di website pictogame dan di BOX.NET di sebelah kiri. Silahkan mencoba :

http://www.pictogame.com/play/game/J2dhqCxgb43w

23 Komentar

  1. akmal said,

    Maret 2, 2009 at 9:05 am

    satu karya yg benar-benar memikat hati dan mengagumkan
    syabas buat Gamelan Studio mengetengahkan muzik nusantara
    teruskan usaha anda

    akmal (malaysia)

  2. faibans said,

    Maret 16, 2009 at 4:40 pm

    Salam hormat dan angkat topi, mudah-mudahan dengan ikhtiyar seperti ini budaya kita terlestarikan. amin

  3. teguh setiyawan said,

    Maret 31, 2009 at 3:27 am

    MAINE PIYE PAK

    • bosangjay said,

      Maret 31, 2009 at 8:21 am

      Mainnya pake keyboard mas, ada keterangannya di applikasinya tapi bahasa Inggris

      • rian said,

        April 22, 2010 at 8:20 am

        isih mumet pak de..piye carane iki..tapi acung jempol 4 sekaligus pokokne..atas kreatifitase

  4. CIK WE said,

    Juli 14, 2009 at 4:50 am

    harusnya bagus untuk media pembelajaran b jawa tapi…………..

  5. Dowlson Nanditto said,

    Agustus 26, 2009 at 2:34 pm

    saya rasa masih bagus musik yang ada di indonesia karena saya pernah study disana dan saya pernah membuka sebuah buku yang ternyata wayang dan gamelan itu pada tahun 1400M sudah ada disana……
    tapi yang saya heran kenapa negara malaysia selalu mengklaim punya mereka……..?
    atau dulu negara malaysia pernah bergabung menjadi satu wilayah dengan indonesia yang dulu bernama kalau tidak salah “nusantara”
    dan ini pernah saya tanyakan kepada guru saya di Indonesia bahwa budaya yang ada di Malaysia itu berasal dari Indonesia

  6. purwantara said,

    Agustus 31, 2009 at 2:43 pm

    ribut2x masalah seni tradisi yg sering di klaim bangsa Malaysia itu mesti dilihat dengan jernih,tak usah ampyak awur2x,wong Malaysia kuwi budeg,ndableg,nekad lan licik.carane yo kabeh budaya lan tradisi mesti di kasih tempat yg proporsional,ojo mung nek di butuhke wae……….sbab anda tahu to nasib para seniman di Indonesia raya ini.(melas) hanya yg punya akses saja yg bisa menikmati kemakmuran,Tengok berapa banyak seniman yg hidup serba pas2an ,sehingga yg terbaca negara terkesan leleh-luweh,sehingga muncul bangsa yg serumpun ning berwatak malingan ra liyo YO Malingsia.Wajar sbab malingsia kuwi negoro miskin budaya ning obsesine gede,Trully Asia,jare……………..Saiki ngene wae angger kabeh mau podho gelem berpartisipasi mestine ora ono crito jenis kesenian sing ilang meneh.Sbab ibarat kali Indonesia tetep sebagai mata air dari tradisi yg sdh di klaim Karo Malingsia.ibarat wong nyolong suatu saat mesti ada habisnya amin………….Buktikan saja bahwa itu masih milik kita…………

    • Goldenwater said,

      September 30, 2009 at 3:14 am

      Bung Purwantara yg baik,
      Yang diklaim orang Malaysia bukan hanya seni tradisi, tapi sudah merambah ke budaya dan adat-istiadat. Kita setuju bahwa melihat peristiwa ini dengan jernih (kenapa mesti pakai kata budeg, ndableg, nekad dan licik – itu semua bukan kata-kata jernih), tidak usah ampyak awur-awur (mungkin yang dimaksud ‘membabi-buta’), ampyak awur-awur merupakan strategi perang yang diterapkan oleh Prabu Tremboko mengkudeta Hastina yang dipimpin Prabu Pandu Dewanata.
      Nasib seniman memang ‘nyeni’, Banyak contoh seniman dunia yang bernasib begitu. Vincent Van Gogh, sampai akhir hayatnya tetap miskin, saking frustrasinya, ia memerung telinganya sendiri, karena lukisannya tisak laku. Sekarang, harga satu lukisannya bisa untuk membeli salah satu pulau di Indonesia yang ditawarkan di Internet.
      Malaysia memang melakukan segala cara untuk menarik wisatawan dunia datang ke sana, menarik investor asing menanamkan modal ke sana, mengimpor TKI murah untuk kemakmuran negeri dan bangsanya.
      Apakah kita hanya akan iri hati dan cemburu? Apa yang kita peroleh dari rasa sakit hati dan amarah?

  7. ANJAR said,

    Oktober 3, 2009 at 5:02 pm

    merupakan usaha untuk melestarikan budaya nusantara yang adi luhung
    teruskan semoga sukses

  8. cendhika said,

    Februari 15, 2010 at 2:04 am

    wah pembahasannya lengkap banget.. media yang pas banget but pembelajaran.. saya berencana implementasi pembelajaran gamelan pada teknologi multitouch dari device yang kami kembangkan http://tiwule.com . rencana buat skripisi. Mohon dukungannya.. :)

    • bosangjay said,

      Februari 22, 2010 at 10:02 am

      Buat aplikasi kaya Iphone ya ?? Saya dulu juga sempat mikir … tapi karena belum ada waktu (dan nggak punya Iphone dan apple), jadi nggak terealisasi.
      Selamat deh …

  9. Juwairiah said,

    Maret 19, 2010 at 2:25 pm

    sebagai seorang yang memiliki jiwa seni, tautan ini adalah sebagai sumber pengetahuan yang sangat penting dan perlu dimiliki bagi bangsa ini.

  10. GunzJavarock said,

    Maret 22, 2010 at 9:11 am

    Maaanttaaab mas. Keren.. asli. Saya kemarin lagi cari2 suara gamelan buat lagu saya mas. boleh tengok di http://reverbnation.com/gunzjavarock.

  11. Ugi Daeli said,

    Oktober 19, 2010 at 2:02 am

    Mas..

    Pertanyaan dasar bgt.. mainkannya pake software apa.. ?
    Gimana caranya ? dari tadi aku gak mudeng..
    Thank’s ya mas

  12. dha2nk said,

    Desember 13, 2010 at 6:14 am

    Wah sip tuh programnya. alangkah baiknya setelah terwujud nanti gamelannya bisa di share secara GRATIS. mudah2an….. Pasalnya dibeberapa referensi, sebenarnya sebelum ini sudah ada yang membuat program gamelan seperti ini dari Indonesia, tapi tidak dishare hanya masalah Finansial. (alias pemerintah gk mau memberikan hak paten dan Royalti kepada pembuat programnya trus pembuta program gamelan tidak mempublikasikannya).

    Saya juga ingin membuat mas program seperti ini. dan juga masih dalam proses. masalahnya saya bukan orang IT jadi banyak kendala di bidang IT-nya. masalahnya tidak ada orang IT yang mau membantu saya, mungkin project ini sukarela.

    Tapi buat temen2 yang sedang mencari Program gamelan bisa berkunjung ke Blog saya di dha2nk4all.blogspot.com tapi program yang satu ini bukan buatan Orang Indonesia. namun dari Negeri Inggris dan Perancis.

  13. tjah tem said,

    Desember 24, 2010 at 6:17 pm

    mohon ijin untuk mgetahui isi dalam gamelan ini lbih mendalam..

  14. Helmi said,

    Oktober 13, 2011 at 7:52 am

    liad karya teamku juga ya gan (4 orang) masih smk:

    http://gamelanonline.com/

    tenkyu…,,

  15. Shera Suwu said,

    Januari 24, 2013 at 6:29 am

    Mas, kalau saya ingin mengetahui lebih lanjut mengenai software gamelan ini gimana yaa? Mohon bantuannya. Rencana event saya akan diadakan di bulan Maret 2013.

  16. onki leman said,

    April 4, 2013 at 10:18 am

    mantap maturnuwun sudah membuat software ini barkarya terus mas bro

  17. Februari 3, 2014 at 1:01 am

    Kaka kalau boleh saya ingin minta softwarenya untuk dipelajari

  18. tomtom said,

    April 12, 2014 at 10:42 am

    saya ingin membuat game gamelan kenong dengan java. saya membutuhkan nada gamelan kenong asli. namun tidak memiliki nada suara gamelan. bisa bantu untuk nada gamelan?
    email:
    m.tomy.h@gmail.com

  19. tomtom said,

    April 12, 2014 at 10:57 am

    Assalamualaikum perkenalkan saya tomy harto mahasiswa UM
    saya tertarik dengan game gamelan disamping itu juga saya juga mendapat tugas untuk membuat game. lalu saya mengajukan game gamelan kenong sebgai tugas saya.

    namun saya mendapat kendala pada nada gamelan kenong asli?
    mohon bantuan bisa memberikan nada gamelan kenong asli.

    saya ingin tanya juga mengenai frekuensi nada gamelan asli. untuk mengetahui frekuensi nada gamelan asli bagaimana dan menggunakan aplikasi frekuensi apa?

    terima kasih mohon bantuan nya


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 54 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: