Silsilah Kurawa dan Pandawa

BAGAN SILSILAH KELUARGA PANDAWA DAN KURAWA

Silsilah

Keterangan :

148 Komentar

  1. CHONDRO said,

    November 5, 2008 pada 2:50 am

    wah sangat membantu dalam mempelajari wayang…..

  2. dian said,

    November 21, 2008 pada 5:52 am

    i love wayang…
    jawa benar-benar punya budaya yang tinggi yah..
    senang ada blog yang membahas wayang

    • slamet koji said,

      Juli 15, 2009 pada 1:47 am

      km cnta wayang krna apne ta?

    • wendika said,

      Juli 15, 2009 pada 2:25 am

      i LovE PsS n DiAn

  3. Meli said,

    November 25, 2008 pada 12:01 pm

    wah2

    apik tenan`e blog`e

    ^_=

  4. nurpan said,

    November 29, 2008 pada 11:07 am

    saya memberikan apresiasi dg ide ini dan selalu mengikutinya

  5. arum said,

    Desember 6, 2008 pada 4:21 am

    mb/mas…blog ini sy link ke tempat saya yah…
    saya suka banget sama wayang tapi saya masih suka bingung kalo ngebahas wayang dari awal.

  6. Nosa said,

    Desember 8, 2008 pada 1:31 pm

    kayaknya kurang langkap krn Pandawa kan 5 di situ hnya di tulis R.Arjuna dan masih banyak lagi kekurangan mohon di betulkan karena versi jawa timurdan jawa tengah sangat berbeda. thanks

  7. bosangjay said,

    Desember 8, 2008 pada 1:40 pm

    Iya memang yang di bagan silsilah hanya ditulis R.Arjuna untuk pandawa, padahal pandawa ada 5 orang, tapi sebetulnya yang dimaksud adalah pandawa kelimanya. Sengaja tidak dimaksukan kesemuanya karena tidak akan cukup bagannya. Mudah mudahan penjelasan saya bisa menghilang kesalahpahaman saudara :)

    • amrih said,

      November 29, 2011 pada 2:17 am

      pandhu dewanata itu mempunyai istri 2 yaitu D.madrim yang melahirkan nakula dan sadewasedangkan D.kunthi .melahirkan yudistira, werkudara, janaka.dalam silsilah itu hanya ditulis D.kunthi saja.

  8. anggun haryanto said,

    Desember 18, 2008 pada 5:01 pm

    dari kecil saya didongengi oleh nenek saya tentang wayang…..setiap sebelum tidur…waktu SD saya belajar menari gatotkaca…..saya dapatkan beberapa kisah juga lewat buku cerita
    dari bertahun – tahun lalu saya ingin tahu soal silsilah ini….keburu nenek saya meninggal, orang tua saya lupa – lupa ingat…..saya pikir saya tak akan dapatkan..padahal saya ingin lanjutkan/dongengkan pada anak saya kelak…..
    akhirnya…..lewat blog ini saya dapatkan, walaupun mungkin belum mengenal beberapa nama di dalamnya……apakah semua nama di silsilah ini ada penjelasannya atau keterangan profilnya masing – masing?
    apakah ada silsilah yang lebih lengkap mengenai semua pandawa sampai anak turunnya?………

  9. bosangjay said,

    Desember 23, 2008 pada 8:39 pm

    Halo Catur,

    Iya saya rasa sebagian besar karakter wayang yang terdapat di sini mempunyai penjelasan. Untuk itu silahkan dicoba untuk dicari lewat alat pencari.

    Untuk pertanyaan berikut :
    Semua anak turunnya mungkin tidak, karena berhenti di Parikesit.

  10. ashari said,

    Januari 29, 2009 pada 7:00 am

    wah wah hebat tenan blog ini
    adakah pemerintah (dapdigdig, maskudnya depdikbud) punya menu sperti ini ?

  11. sri retno wijayanti said,

    Februari 1, 2009 pada 2:12 pm

    matur nuwun ya mas…..serasa menemukan oase yang hilang…blog ini membantu banget…di jaman sekarang…orang2 mengacu ke kebudayaan jepang..padahal kebudayaan jawa pun mengajarkan banyak hal untuk kehidupan masa kini……..

  12. BAMBANG MURTIYOSO said,

    Februari 2, 2009 pada 7:10 am

    Silsilah seperti itu perlu dilengkapi yang lain, sebab banyak versinya. Silahkan baca ENSIKLOPERDI WAYANG INDONESIA terbitan SENA WANGI

  13. permatha said,

    Februari 3, 2009 pada 9:26 am

    bakal lbh bagus klo ada critanya juga. jadi rame. hehehe :)

  14. cahPamulang said,

    Februari 5, 2009 pada 8:25 am

    Sipp banget silsilahe.

    thanks alot

  15. kimi said,

    Februari 10, 2009 pada 7:49 am

    matur nuwun
    namung koq kula nate krungu menawi pandhawa menika wonten gegayutanipun kaliyan rama menika pripun nggih..

  16. faisal dhony said,

    Februari 16, 2009 pada 11:54 am

    Babagan wayang sing sampeyan aturake pancen becik. Nanging aku arep takon bab Ratu Sabrangan bagus mesthi musuhan klawan raseksa muda iku ana lakon apa?

  17. faisal dhony said,

    Februari 16, 2009 pada 11:58 am

    Mas apa di keparengake yen aku maringi sesrepan bab wayang?

  18. Wawan said,

    Februari 23, 2009 pada 9:14 am

    I love wayang..
    Meski q bukan asli jawa
    q maw tny ni
    Sesudah jaman anak-anak Parikesit,Yawastina jadi apa sih Mas??Ada ngga kturunan Parikesit yg trkenal.?Mkci ya mas..

    • bosangjay said,

      Februari 24, 2009 pada 9:28 am

      Maaf kalau sesudah jaman purwa (istilah jawa untuk jaman mahabarata) saya juga kurang tahu

  19. Wawan said,

    Februari 23, 2009 pada 9:19 am

    Mav ni Mas..Q mw tanya lagi..
    Klo gambarnya Resi Sempani yg nemuin Raden Jayadrata tu ky gimana?Ada ga mas..?Mkci ya maz..

  20. chyoo said,

    Maret 3, 2009 pada 8:31 am

    nek ga salah Abyasa berputra Destarastra, Pandudewanata dan Yamawidura ya?!trs Angkawijaya putra dr R, Arjuna dan Dewi Sumbadra

  21. lisa said,

    Maret 7, 2009 pada 2:59 am

    ozzo silsilah kurawa nha krang lngkap tuch….
    yg di mksud nama darri 100 kurawa i2 tdi….
    ochha…

    • bosangjay said,

      Maret 8, 2009 pada 1:28 pm

      Waduh tempatnya nggak cukup kalau dimasukin sisilah kurawa semuanya

      • patria_ said,

        Juli 15, 2009 pada 1:50 am

        eui…..
        lam knal ae y?????
        ak mnta dkemi silsilah pandudewanata dunk??????????????keim blik za>>>>???

  22. faibans said,

    Maret 16, 2009 pada 4:45 pm

    Subhannalloh, matur sembah nuwun gih,

  23. agusokasar said,

    Maret 25, 2009 pada 2:27 am

    Paling asyik kalo Keluarga Bima (Gatot Kaca, Jaya Katwang, & Antareja) udah maju melawan musuh2nya. Wah, gak ada yang bisa kabur!! Ke alam manapun pasti ketangkep (Gatot Kaca : Jagonya angkasa, Jaya Katwang : Jago di laut, sementara Antareja : jago di bawah tanah). Dan saat Pandawa Lima menuju Nirwana, satu per satu berguguran…. tinggal Prabu dengan anjing setianya. Ternyata itupun ujian terakhir (kesetiaan). Wah asyiik berat!

  24. ellias setyantoro said,

    Maret 28, 2009 pada 1:11 pm

    kereeeen
    wayangku, wayangmu, wayang kita semua…

  25. teguh setiyawan said,

    Maret 31, 2009 pada 3:22 am

    baguuuuuuuuuuuuuuuuzt lam wat guru bahasa jawa SMA SE KUDUS

  26. Mpu Noviyan Meidiya Berwacana said,

    April 20, 2009 pada 4:35 pm

    ini halaman sangat membantu dalam menambah pengetahuan tentang kebudayaan dan melestarikan seni dan budaya Indonesia.

    Selamat berkarya mas.

  27. putry said,

    Mei 11, 2009 pada 10:23 am

    loadingnya ko’lma tow?juga krg lengkp tlong z kl bza dlgkpin coz ju2r j q t g tw sma sX silsilahny.tp bguz jg ko’ bza sdkt mmbntu tgas scol.smoga mnat ank2 rmaja m wyng bertmbh.

  28. Mei 13, 2009 pada 4:26 am

    informasi lengkap. bagus sekali

  29. Andika said,

    Mei 18, 2009 pada 2:35 pm

    Terimakasih atas silsilah yang telah dibuat, yang sering di bicarakan dalam masyarakat apalagi para siswa SD, SMP adalah cerita pandhawa dan kurawa. Tokoh2 yang digandrungi tokoh yang tergolong muda (pandhawa & Kurawa). Alangkah senangnya jika silsilah itu dilengkapi pada tokoh2 Pandhawa dan Kurawa. Saya melihat Prabu Pandu Dewanata dalam silsilah itu hanya punya satu istri yaitu Dewi Kunthi, yang saya tau itu Prabu Pandhu Dewanata punya dua istri yaitu Kunthi dan Madrim dan mempunyai lima putra yang disebut Pandhawa lima. Mohon untuk diperjelas silsilah Pandhawa dan Kurawa sampai terjadinya perang Bharatayuda karena akan sangat membantu saya menceritakan kepada anak saya, dimana saya tidak mau kehilangan budaya yang kita punya, sampai ke anak cucu nanti. Terimakasih sebelumnya….. Matur nuwun.

  30. marwan said,

    Juni 1, 2009 pada 2:19 am

    informasinya bagus banget bisa menambah wawasanku tentang wayang.

  31. cah jawa said,

    Juni 22, 2009 pada 6:03 am

    bLog yaNg bagUs baNget…. Membantu sekali bagi kami, anak-anak jurusan bahasa dan sastra jawa khususnya.
    Matur nuwun….

  32. bragasworo said,

    Juli 2, 2009 pada 3:02 pm

    bro, punya file jpg (ukuran besar) / file corel.. setiap tokoh wayang ga?
    terutama pandawa ama rama-shinta?

    bls ke email yakk..
    tq

  33. Juli 13, 2009 pada 12:59 pm

    gi nyari gambar rama n sinta

    • SATRIO said,

      Desember 10, 2010 pada 6:02 am

      nyarinya di babad ramayana sist.. bukan di bharatayuda…

  34. CIK WE said,

    Juli 14, 2009 pada 6:47 am

    masih ada yang kelewatan tuh,coba cek lagi

  35. slamet koji said,

    Juli 15, 2009 pada 1:43 am

    wah, jowo pancen top tenan ui……..
    wayange apik2

  36. wendika said,

    Juli 15, 2009 pada 2:21 am

    silsilah pandawa kurawa yang lebih lengkap

  37. TOMY said,

    Agustus 6, 2009 pada 10:09 am

    I LOVE YOU FULL CERITA WAYANG TERUTAMA RADEN ARJUNA KARNA RADEN ARJUNA ADLAH TOKOH WAYANG YANG AKU SUKAI…………..!POKOKNYA BLOG INI IS THE BEST!!!!!!BRAVO WAYANG!!!!

  38. hilya said,

    Agustus 7, 2009 pada 6:44 am

    hai..
    dulu..ketika ortuku bertutur tentang dunia wayang, aku tidak tertarik sama sekali, tapi…..baru-baru ini aku mulai tertarik dengan dunia wayang, so bolehkah aku bergabung?….trims ya…

  39. Tri Nova Heriyanti said,

    Agustus 11, 2009 pada 2:46 am

    mas, kaya’nya ada yang kurang garis silsilah begawan Abiyasa itu kepotong lo….coba diperbaiki…maaf yo….

    • SATRIO said,

      Desember 10, 2010 pada 5:58 am

      yups benar sekali…

  40. purwantara said,

    Agustus 31, 2009 pada 3:32 pm

    pada posisi yg saya amati koq mandheg di begawan Abiyoso padahal kalau di amati jadi Pandhawa dan Astina itu cukup Rumit tdk seperti silsilah tsb.bagi saya itu trah Giri sarangan bukan keseluruhan terbaca seperti itu.sbab di sana ada tokoh prabu Sentanu dan Dewobroto yg kontroversi.coba nas prabu di cek sekali lagi deh…………………

    • SATRIO said,

      Desember 10, 2010 pada 5:57 am

      betul..saya setuju…

  41. orang jawi said,

    September 11, 2009 pada 12:36 pm

    mending ngapalin silsilah mbah surip aja, mau gak!!

  42. daminatilada danaminamida said,

    September 28, 2009 pada 3:44 pm

    hatur nuhun…

  43. Slamet Bagaskoro said,

    Oktober 18, 2009 pada 1:55 am

    Perfect

  44. November 14, 2009 pada 11:13 am

    Wah Matur nuwun sanget, kawula guru smp basa jawi, sanget paring pambiyantu kagge kawula. Mbok inggih kula dipun kentuni gambar wayang jangkep naminipun dateng email kula

  45. tewer said,

    Desember 14, 2009 pada 3:04 pm

    siapa ya nama istri begawan kumba kinumba ……………….

  46. Desember 21, 2009 pada 2:07 am

    Bagus,.. mantep,… salud utk blog ini.
    Maju terus,….. nguri-uri bodoyo…

  47. Desember 21, 2009 pada 2:14 am

    dari seluruh blog wayang yg ada, saya selalu mengamati komentar2.
    Setiap komentar yg diberikan oleh yg namanya “orang jawi” selalu tidak serius, kekanak-kanakan, bahkan kadang mengejek tanpa alasan.
    Aku kok pingin kenal orangnya,… apakah dia orangnya waras seperti kita?

    • SATRIO said,

      Desember 10, 2010 pada 5:56 am

      ORANG NGGAK WARAS DAN NGGAK NGERTI APA2 TU MAS…

  48. Putri said,

    Januari 15, 2010 pada 2:25 pm

    Isi artikel sangat menarik, tapi kalau boleh bisa dicantumkan juga sumber-sumbernya datanya? Terimakasih. :)

  49. budi santosa said,

    Januari 24, 2010 pada 12:05 am

    ms/mb mohon ijin nguduh gambar wayangnya ….untuk mengenalkan bentuk wayang ke siswa …karena mereka sekarang sudah banyak yang tidak mengenal tokog wayang…..matur nuwun….oya kalau bisa tampilkan tokoh wayang plus penjelasanya.

  50. Mbah Bejo said,

    Januari 27, 2010 pada 9:17 am

    Kok silsilahe durung sampurno, mbok ndang disampurnakake, ben anak putu podo ngerti lan ora bingung ….

  51. tiko said,

    Januari 30, 2010 pada 4:22 pm

    mantab bror..

  52. Hartono, Kebumen said,

    Maret 4, 2010 pada 7:21 am

    Legih breani lagi kalau ada yang cetak ulang gambar wayang semacam kartu, yang kala itu ada jaman 80-an. Sekarang kartu mainan tersebut sudah dijajah sama kartu jepang. gambar hamtaro, barby. Ayo bangkit para percetakan. Buat kartu mainan gambar wayang kita. Saya jamin laku besar. sekaligus mengenalkan budaya wayang kita yang adilunhung pada generasi kita yang cinta pada budaya asli Indonesia.

  53. Bambangusl said,

    Maret 10, 2010 pada 12:50 pm

    ya mas saya baru senang cerita tentang wayang, kalau di berikan penjelasan karakter setiap wayang gmn wah seru banget, trim.

  54. Januar said,

    Maret 29, 2010 pada 4:38 pm

    wah situs2 seperti in yang harusnya banyk diedarkan ke kalangan ank muda sehingga dapat memupuk kecintaan mereka terhadap budaya sendiri yang bila dipelajari betul2 sangatlah mengaggumkan……………….
    M E R D E K A………………….

  55. chimot said,

    Maret 30, 2010 pada 4:41 am

    keren.
    emang wayang itu bener2 tidak sekedar benda. mereka membawa cerita,]

    oiya bung, bole minta ijin beberapa wayangnya dibuat tugas kampus g ? nanti ada credit title dah.

  56. mbablar said,

    Maret 31, 2010 pada 10:33 am

    pandu dan destrarastra itu anak dari abiyasa

  57. yosua said,

    April 1, 2010 pada 7:58 am

    saya yosua 9thn
    bagaimana kalau sisilahnya plus gambar,trim

  58. yosua kris handova wilis said,

    April 1, 2010 pada 8:19 am

    SAYA YOSUA 9 THN MAS GIMANA KALAU SETIAP SISILAH WAYANG DIBERI GAMBAR?

  59. yosua kris handova wilis said,

    April 1, 2010 pada 8:25 am

    GIMANA BILA WEB INI DIBERI VIDIO TETAPI LANGSUNG TANPA LOADING
    SEPERTI YANG DI YOUTUBE?

  60. yeni said,

    April 4, 2010 pada 3:44 pm

    bgus”. .
    tp saya tidak bgitu tau ceritanya. .
    hhe. .
    kalau seumpamanya lebih di perjelas bagaimana?
    agar orang seperti saya mudah mengerti
    :D

  61. Sri Purwo Priyo Sejati said,

    April 5, 2010 pada 3:50 pm

    sip Mas… Aku bener2 salut.

  62. arif prayogo said,

    April 6, 2010 pada 11:46 am

    pgn menghafal nama2 tokoh wayang…..gmn carany y??????

  63. difana said,

    April 15, 2010 pada 5:46 am

    aku dulu paling ga seneng yg namanya wayang….sekarang malah sangat tertarik dengan wayang….terima kasih ya dah ada blog yang mau membahas tentang wayang….salut dengan kepedulian anda…
    selamat datang di blog saya juga… difana.com

  64. SURONO said,

    April 17, 2010 pada 5:12 am

    Sisilah tokoh tokohipun langkung komplit langkung sae
    versi solo utawi yogya nuwun

  65. SURONO said,

    April 17, 2010 pada 5:14 am

    Silsilah/otobiografi tokoh satu persatu yang komplit lebih baik

  66. deki said,

    April 23, 2010 pada 4:21 am

    mantap mas… aku semakin doyan panganan ini… dulu aku cuek, sekrang lanjut terus… hidup wayang… mangga dilanjutaken… sukses buat teman-teman… (aku demen)

  67. susanto said,

    Mei 11, 2010 pada 5:47 pm

    saya pernah bermimpi.. bertemu anak kecil yang mengaku anak bolodewo. terus saya tanya pada anak kecil itu siapa bolodewo dia menyebut nama saya ,pada saat itu saya belum mempunyai keturunan anak itu laki2 yang paling tangguh diantara teman2 sebayanyanya… pada saat itu saya tdak pernah tau siapa itu bolodewo.dan sampai saat ini saya saya cari terus apa sbenarnya mimpi saya itu dan saya ingin tau karakter tentang bolodewo tolong bagi teman teman yg tau tolong bagi informasinya.. sekarang sdah mempunyai anak laki2

  68. SUJIMAN said,

    Mei 20, 2010 pada 3:24 am

    tanya siapakah orang tua sato kurawa itu?

    • SUJIMAN said,

      Mei 20, 2010 pada 3:28 am

      tolong yang tau berikan jawabanya

    • bosangjay said,

      Mei 20, 2010 pada 7:31 am

      Bapaknya Prabu Destarata dan Ibunya Dewi Gandhari

      • ADHI said,

        Februari 12, 2012 pada 4:35 am

        AYAHNYA BATHARA GURU SIAPA?

  69. Cian said,

    Mei 28, 2010 pada 3:56 pm

    Salam kenal…aku penggemar berat.. wayang. Aku dari Indramayu………
    Mas aku mw nnya… apa nma pusaka yg bsa mmbunuh R. Gatot kaca……..??

    • SATRIO said,

      Desember 10, 2010 pada 5:53 am

      YANG MEMBINASAKAN R.GATOTKOCO ADALAH SENJATA PANAH KUNTAWIJAYANDANU MILIK BASUKARNO….

  70. iwenk said,

    Juli 26, 2010 pada 3:56 am

    oks.

  71. joyo said,

    Agustus 11, 2010 pada 8:12 am

    Terima kasih telah menambah wawasan saya sebagai wong jowo dalam hal pewayangan utamanya silsilah kurawa dan pandawa. tapi kayaknya ada yang kurang, bagaimana dengan Dewa Brata / Resi Bisma? yang setahu saya sebetulnya pewaris sah negeri astina……., mohon tanggapan…….

  72. Imron Rosidi said,

    Agustus 14, 2010 pada 4:07 am

    Tulung dong ceritain dikit tentang silsilahnya yang punya kerajaan Hastina mulai dari Dewabrata, keatas terus gimana Dewabrata kok nyambung sama Abiyasa? Thanks

  73. nama(wajib) said,

    Agustus 27, 2010 pada 8:36 am

    kula mboten mlebet sakingipun ngertos

  74. nama(wajib) said,

    Agustus 27, 2010 pada 8:40 am

    hahahaha

  75. Agustus 27, 2010 pada 10:19 am

    wayang no.1

  76. lengoklengok said,

    Agustus 27, 2010 pada 10:22 am

    aku suka wayang

  77. bosok said,

    Agustus 27, 2010 pada 10:26 am

    :-t

  78. trisna said,

    Agustus 31, 2010 pada 1:35 am

    kata siska
    silsilah tuw sangat bermanfaat bagi semua siswa siswi
    apa lagi mem,udahkan untuk belajar kita

  79. September 7, 2010 pada 10:03 am

    luarrr biasa jempol

  80. September 7, 2010 pada 10:07 am

    baguuuss

  81. Yayat S. Jayasantika Ad Dwany said,

    September 30, 2010 pada 1:47 pm

    YS, 300910

  82. lamsijan said,

    November 5, 2010 pada 1:36 am

    kok aneh ya…silsilahnya beda dengan aslinya tuh heheheh

  83. ayngmu said,

    November 18, 2010 pada 5:04 am

    loe bwt janji jangan ingkarin

  84. ayngmu said,

    November 18, 2010 pada 5:09 am

    loe bwt janji jangan ingkari & jgn tlt
    hehehe………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    bikn bete`

    LOVE YOU
    ocky krisnadiansyah

  85. Amien N said,

    November 23, 2010 pada 2:38 am

    Yo wis lumayan silsilahe senajan yo isih kurang, mligine silsilahe Bathara Guru munggah tekan Sang Hyang Adama (Nabi Adam).

  86. Iva said,

    Desember 8, 2010 pada 8:42 am

    tradisi indonesia harus d jaga

  87. Iva said,

    Desember 8, 2010 pada 8:43 am

    budaya indonesia haruz di jaga

  88. suhadi said,

    Desember 30, 2010 pada 1:22 pm

    luar biasa …… kagum dan salut, dumateng sing kagungan blok puniko …… jebule taksih kathah ingkang tansah nguri2 lan njunjung kabudayan jawi tumprapipun seni pewayangan sak isine lampahan ngantos tuntas (parikesit)

  89. SIWI said,

    Januari 11, 2011 pada 5:12 am

    TERIMAKASIH, sudah sangat membantu. klo bisa lebih luas lagi ceritanya biar tambah jelas!!!!

  90. lintang said,

    Januari 21, 2011 pada 12:53 pm

    kurawa itu namanya cp ja ta??

  91. Busis Eko said,

    Februari 18, 2011 pada 2:29 pm

    Mohon kiranya ada yang dapat membantu tentang silsilah Kurawa & Pendawa mulai dari Begawan Abiyasa, nama2 kadang Kurawa yang 100 dan Pendawa turun sampai R Parikesit. Trims

  92. letnan_yook said,

    Maret 6, 2011 pada 4:50 pm

    nabi adam punya anak qabil,habil dan nabi sis (habil tewas dibunuh qabil sblm berputra). Nabi sis punya 2 anak : anwas dan anwar. Anwas menurunkan para nabi dan anwar suka mengembara, dan berakhir di tanah dewani ( pulau kecil di timur maladewa). anwar pun berperang dgn raja tanah dewani (prabu nuradi) dan menang ….. lalu menikahi putri nuradi dan jd raja tanah dewani dengan gelar …. prabu nurasa penguasa semesta bhumi jawi/ pulau pulau sebelah timur maladewa ……… lalu lahir lah dunia dewa / wayang …..
    begitu kisah dari berbagai buku2x jawa …… believeddd or not ……..
    katanya … kelak … bhumi di kuasai kturunan nabi2 dr anwas bin nabi sis di utara dan kturunan dewa2 dr anwar bin nabi sis di tanah selatan …..

  93. momo said,

    Maret 8, 2011 pada 5:44 am

    mas.. saya minta informasi dan data – data di blog anda yaa.. :)
    bulan dpn , saya berikan produk multimedia saya,
    insyaallah.. BELAJAR PEWAYANGAN berbasis MULTIMEDIA..
    bisa utk belajar SD-SMP-SMA-UMUM.
    terima kasih

    NB : utk Kerja Praktek saya mas.
    momo-yk

  94. afrien said,

    April 29, 2011 pada 5:37 pm

    om minta informasi n data tentang lakon wayang dan sifatnya,,,

    sebagai orang jawi saya kepengen tau tentang cerita rakyat sekaligus tuntanan “bagi orang orang bisa mencerna arti dari yang di kisahkan dalam pewayangan”,..

    terima kasih…

  95. ERY said,

    Juni 2, 2011 pada 10:40 am

    silsilah ini menurut jogja atw solo ya…??

  96. tia said,

    Juli 12, 2011 pada 3:25 am

    seneng bgt ada yg berusaha melestarikan budaya kita.. lanjut terus y mas, semoga anak2 generasi skrg kenal sama “budaya”nya yg luhur dan sarat dgn filosofi hidup.

    kalo boleh ada cerita lengkapnya, untuk saya dongengkan ke anak saya….. jaman sekarang anak2 sudah terjajah sama budaya dari luar ind, pdhal kita sendiri memilki budaya yg luhur, santun, semoga pemerintah memberikan perhatiannya, sebelum diakui sm tetangga lg (baru d ribut2)…

    trims…..

  97. yosep uran said,

    Juli 23, 2011 pada 2:55 pm

    saya sangat menyukai cerita tentang wayang pandawa dan kurawa. dari cerita seperti itu saya banyak menimba ilmu moral dsb………..

  98. September 5, 2011 pada 4:21 am

    just like me .. bimasena ..

  99. Wuri_ said,

    September 15, 2011 pada 6:19 am

    mhon kasi wataknya., buat lbih mgnal lg tokoh wayang.,

  100. intan child said,

    September 20, 2011 pada 1:23 pm

    cerita yang versi bahasa jawa ada ngga om? saya lagi butuh banget nih :’( buat tugas sekola..
    uda nyari tapi ga nemu, mohon bantuannya ya :) terimakasih..

  101. hasim said,

    November 7, 2011 pada 2:37 am

    mangga budaya jawa dipun pepetri, awit budaya jawa ngemu pitiduh ingkang sakalangkung inggil

  102. November 12, 2011 pada 6:36 pm

    Kisah Tentang Pandawa LIMO

  103. November 13, 2011 pada 5:03 am

    mas ada ga cerita wayang yang judulnya Resi Bisma Gugur

  104. sarki said,

    November 26, 2011 pada 10:05 am

    ya q suka se x ma wayang . . dan asli ada nya . . bkan ya q ngawur ya tpi q liat sndri . .
    dan ke turunan sangyang batara guru itu adalah prabu siliwangi . . ya dnger crta dri org tua cie yg dah tau asal asul pewayangan itu . .
    loe nonton wayang kyk ya q pngen bnget ke masa lampaw . . hehehe
    adem dch rasa na . .
    pengalaman puasa tk tau sejarah pewayangan . .
    itu sngat seru . .
    dan mengagum kan .
    bsa ktmu langsung dngan tokoh2 wayang . .

  105. ega krisma said,

    November 27, 2011 pada 2:08 am

    kok silsilahnya aneh yaaaw!!!

  106. amrih said,

    November 29, 2011 pada 1:58 am

    maaf mas numpang komentar, kalo menurut cerita pewayangan jawa silsilahnya bukan kayak gitu, silsilah itu murut versi apa ya? mohon di jelaskan krna aq lum tau. trims

  107. Bocahbajang Kmr said,

    Desember 10, 2011 pada 12:13 am

    sptnya… keturunan Barata… Kuru… berhenti di Dewabrata atau Bisma… Sdgkan Pandawa dan Kurawa… leluhurnya justru Bambang Bremani… Parikenan…. Manumayasa… Satrukem… Sakri… Palasara… Abyasa…. Pandu/Destarastra/Widura…. Pandawa/Kurawa….

  108. Galah said,

    Januari 1, 2012 pada 2:24 am

    alhamdulillah yg selama ini tak cari-cari hari bisa ketemu… seluk beluk wayang kulit. aku bukan lagi pandemen tapi namanya wayang kulit dah mbalung sumsum. jangankan menikmati pertunjukan melihat tatah dan sunggingnya aja sudah terkagum-kagum. Sejak kecil aku seneng mendengarkan siaran wayang kulit, bahkan dulu pernah pengin jadi dalang. Tapi udahlah jadi peikmat aja. dimana aja ada dalang idolapasti tak lihat. Duh trima kasih sekali ya mas Prabu … yok kita giatkan agar generasai kita suka wayang kulit.

  109. reda wanderer said,

    Januari 1, 2012 pada 5:02 am

    hehehe,..
    bingung q,..
    tapi asik,..
    sangat membantu,.. :)

  110. aii wijaya said,

    Januari 5, 2012 pada 11:34 am

    wwoowww…

  111. ayhu said,

    Januari 18, 2012 pada 10:40 am

    profilnya gk da ta ???

  112. idris ryou said,

    Januari 27, 2012 pada 6:16 am

    wayang yang paling tua adalah wayang rusak………………………….hhhaaaaaaaaaaaaaaaa

  113. Januari 31, 2012 pada 1:57 pm

    masa’ bhatara guru berputra bhatara wisnu dan brahma.info darimana ini?

  114. pulung djati p. said,

    Februari 13, 2012 pada 10:40 am

    coba tolong pak, dimuat silsilah R. parikesit ke bawah, katanya R.Parikesit yg menurunkan raja2 di jawa, mohon dimuat kalau ada terima kasih….

  115. Februari 15, 2012 pada 10:00 am

    TERIMAKASIH UDAH MEMBERI PENGGETAHUAN AKU DULU BELUM TAU LHOP SILSILAH WAYANG

  116. Februari 29, 2012 pada 3:03 pm

    wayang,,
    i love it

  117. adifuad said,

    Maret 6, 2012 pada 9:50 am

    Terima kasih….

  118. sabdhoutomo said,

    Maret 30, 2012 pada 7:38 pm

    Baca Juga Silsilah wayang Purwa mawa carita 7 jilid tulisan ki Padmosoekaca

  119. April 3, 2012 pada 10:48 am

    tolong bantuin nyarik cerita pandawa pakek bhs jawa donk…….!!!!!!!!!!!!!!

  120. April 4, 2012 pada 10:32 am

    Silsilahnya nggak buat bingung

  121. Rafly Firdaus Budiartomo said,

    April 10, 2012 pada 12:55 pm

    hebaat!
    ini sangat membantuku!
    dengan ini aku dapat mengerjakan PR bhs.jawa.
    Thanks!

  122. orinta kemal said,

    April 10, 2012 pada 2:28 pm

    tetep harus d lestarikan ! :D

  123. shatia28 said,

    April 13, 2012 pada 2:35 am

    (Y) dech tu’ budaya jawa…..
    i love java….

  124. Udadede said,

    Oktober 4, 2012 pada 2:55 am

    mas, mohon ijin buat aku posting di FB ya, bener-bener sangat membantu………terima kasih sebelumnya. (Dede)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 44 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: