Penggunaan Flash untuk pengenalan Wayang Kulit

Ditengah banyaknya tokoh-tokoh pahlawan asing yang merecoki anak-anak kita, bahkan sedari kecil, melalui buku-buku komik, manga dan juga film film kartun. Ketahanan budaya Indonesia menjadi sebuah tanda tanya yang besar. Apalagi ditengah zaman ekonomi susah seperti sekarang, kebudayaan menjadi prioritas yang kesekian baik oleh pemerintah maupun masyarakat luas. Bila ini terus berlanjut maka yang dapat terjadi adalah anak-anak generasi sekarang nantinya akan lebih mengenal Batman dan Superman dari pada Gatotkaca dan Arjuna, kemudian juga akan lebih menyenangi Sponge Bob dari pada Petruk Gareng.

Dampak buruknya adalah tidak semua yang dibawa oleh para pahlawan asing tersebut baik dan cocok bagi budaya bangsa kita. Contohnya hal-hal seperti kekerasan dan dunia seks bebas yang dapat menjadi sebuah kewajaran dalam pola pikir mereka. Belum lagi hilangnya rasa kebanggaan nasional dan rasa nasionalisme.

Berangkat dari pemikiran ini maka sudah saatnya kita bertindak, tidak perlu lagi menunggu karena ini adalah menyangkut anak-anak kita juga. Dimulai dari dalam keluarga dengan mengawasi apa yang dilihat oleh anak-anak dan kemudian mengajak berdiskusi agar anak-anak tidak salah tangkap dan salah mengerti. Selain itu, kita dapat berpartisipasi dalam pengembangan budaya bangsa. Hal inilah yang saya coba tawarkan : penggunaan flash untuk wayang kulit.

Wayang kulit adalah sebuah karya budaya yang sudah begitu terkenal di Indonesia dan kini merambah dunia. Namun sayangnya untuk mencoba memainkan wayang kulit ini sendiri tidak mudah bagi semua orang. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain :

  1. Tidak adanya akses untuk mencoba bermain dengan wayang kulit secara langsung.
  2. Mahalnya harga wayang kulit itu sendiri (informasi terkini harga 1 wayang dengan ukuran besar bisa mencapai 100 ribu).

Hal ini yang menyebabkan wayang kulit menjadi sebuah hal ekslusif untuk beberapa kalangan saja (yaitu para dalang). Padahal bagi anak-anak kesempatan untuk mencoba akan menjadi sebuah pengalaman yang mengesankan dan bagi mereka kesan pertama memainkan peranan yang penting untuk kedepannya.

Tujuan dari proyek wayang flash yang sedang saya buat bukanlah sebagai pengganti wayang kulit sesungguhnya. Tapi merupakan sebuah bentuk untuk mengenalkan wayang kulit kepada semua orang. Masih banyak yang harus disempurnakan dalam proyek wayang flash, karena itu saya memohon bantuan dari teman-teman untuk saran dan kritiknya dan mungkin kesediaan untuk membantu secara langsung.

Pertama-tama, silahkan mencoba proyek wayang flash ini terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat.

10 Komentar

  1. arifrahmanlubis said,

    Juli 25, 2008 pada 7:46 am

    salam kenal.

    blog yang bagus. mengangkat budaya dalam negeri keranah blog🙂

  2. Abdee said,

    Juli 29, 2008 pada 11:54 am

    salam kenal…
    saya juga penggemar wayang.

  3. bowo said,

    Februari 10, 2009 pada 3:35 am

    salam kenal, tulisan yang sangat bagus. saya punya seperangkat wayang kulit lengkap dengan gamelan dan gongnya yang di beli kakek saya pada tahun 40an, kira2 berapa harganya kalo saya jual? makasih.

    [bw]

    • bosangjay said,

      Februari 10, 2009 pada 9:06 am

      Gamelan harganya sangat mahal, bisa seratus juta lebih tergantung dari kondisi dan kelengkapannya. Sedangkan wayang juga bervariasi harganya, tergantung dari kondisi dan kerumitan gambarnya. Jadi saya tidak bisa memberi harga seperti itu🙂. Lebih baik menghubungi langsung orang yang lebih tahu..

    • lily said,

      Juni 1, 2010 pada 8:32 am

      sebaiknya jangan dijual, tapi di sewakan saja pada sanggar2 kesenian. kakek anda pasti sangat menggemari pewayangan, selayaknya anda melestarikan, minimal respect pada peninggalannya.

  4. Toto said,

    Agustus 28, 2010 pada 6:32 am

    Punya sanggar wayang tp sulit memasarkan karyaku??

    • bosangjay said,

      September 2, 2010 pada 10:13 am

      Kalau anda mau promosi di tempat saya silahkan, nanti saya bikin link anda di tempat saya. Tapi sebagai balasan saya juga ingin anda memasang link website saya.

  5. dian said,

    Mei 11, 2011 pada 4:29 am

    mau donk mas contoh flashnya.. terima kasih,

  6. September 12, 2012 pada 7:31 am

    bagus bgt teruskan. tak dukung. harganya berapa?. mungkin bisa di e-mail

    • bosangjay said,

      Oktober 5, 2012 pada 8:25 am

      Sayang sekali wayang kulit flash berhenti sampai disini. Mudah mudahan bisa diteruskan lagi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: