Teater Bayangan a la China

Kebetulan berkunjung ke sebuah musium pada hari ini, saya melihat teater bayangan dari negara China. Berbeda dengan wayang kulit dari Indonesia, teater bayangan ini selalu dimainkan dari balik layar yang tipis dan transparan. Sehingga para penonton dapat melihat warna dari wayang china tersebut (istilah yang saya gunakan untuk membedakan dengan wayang dari Indonesia). Selain itu, wayang china memiliki tingkat kebebasan yang lebih tinggi dari wayang Indonesia, apabila wayang kulit Indonesia biasanya hanya terbatas pada gerakan tangan, wayang china mampu untuk menggerakan kakinya, seperti untuk berjalan dan untuk duduk.

Dari segi permainan wayang china tampaknya banyak mengandalkan mekanik wayang seperti pemberian efek-efek bayangan, kemudian dekorasi yang bervariasi seperti penggunaan mebel sedangakan para dalang Indonesia lebih mengandalkan keahlian tangannya dalam memainkan wayang seperti saat berperang.

Setelah penasaran dengan yang saya lihat di museum, saya pun iseng iseng untuk mencari informasi lebih jauh melalui internet. Dan saya dapatkan cukup mengagumkan, salah satunya
adalah yang berikut ini :

Bagaimana cukup menarikan ?

Tinggalkan Balasan

