RADEN DEWABRATA

Raden Dewabrata

Raden Dewabrata

Raden Dewabrata ialah anak Resi Sentanu, Resi Sentanu seorang pendeta, yang kemudian bertahta sebagai raja di Hastinapura dan bergelar Prabu Sentanu. Dewabrata berniat tidak akan beristeri (wadat). Tetapi oleh karena seorang anak raja, yang kelak akan menduduki tahta kerajaan harus beristri, maka dipaksa juga ia beristerikan Dewi Amba, puteri Prabu Darmamuka raja di Srawantipura.
Waktu Dewabrata meninggalkan negeri Srawantipura, ia diikuti oleh isterinya, tetapi Dewabrata tak mengizinkan. Maka untuk menakuti puteri itu Dewabrata, berkata, jika Amba mengikuti juga, ia akan melepaskan mengikuti anak panahnya. Tiba-tiba anak panah terlepas dan mengenai puteri itu, hingga sampai pada ajalnya. Ketika itu Dewabrata mendengar suara Dewi Amba, bahwa nanti dalam perang Baratayudha jiwa halus Amba akan membalas dendam dengan perantaraan perajurit puteri di Cempalareja. Ternyata hal ini dalam perang Baratayudha.

BENTUK WAYANG

Raden Dewabrata, bermata jaitan, hidung mancung, bersanggul kadal-menek, bersunting sekar kluwih, berkalung bulan sabit, bergelang dan berpontoh. Kain bentuk bokongan raja.

Sedjarah Wayang Purwa, terbitan Balai Pustaka juga tahun 1965. Disusun oleh Pak Hardjowirogo.

1 Komentar

  1. aji setiya budi said,

    April 4, 2011 pada 7:40 am

    dewa brata dalam kitab mahabrata terjemahan Plal, adalah tokoh super sakti, yang kesaktiannya tidak dapat dikalahkan oleh siapapun, namun dlm versi indonesia resi bhisma dibawah kehebatan dari resi seta, bahkan dia harus minta bantuan kepada ibnya dewi gannga. namun saya lebih tertarik pada kisah versi india


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: