PRABU BALADEWA

Prabu Baladewa

Prabu Baladewa

Raden Kakrasana waktu jadi raja di Madura bergelar Prabu Baladewa. Ia naik tahta setelah menjadi menantu Prabu Salya, raja di Madraka. Ketika itulah ia mendapat gelar Prabu Baladewa, karena pada waktu kawin dihadiri oleh para dewa. Ia mendapat hadiah dari Betara Guru berupa senjata Algora dan diberi nama oleh dewa Kusumawalikita, Balarama, Basukiyana. Hyang Narada memberi nama Alayuda. Setelah menjadi raja ia memihak pada Kurawa dan memusuhi Pandawa, saudara misannya sendiri. Karena kesaktian Prabu Baladewa itu dipandang oleh Sri Kresna tidak akan tertandingi, maka menjelang perang Baratayudha, ia ditipu oleh Sri Kresna supaya bertapa di Grojogan Sewu.
Setelah Prabu Baladewa mendapat nasehat Sri Kresna, ia menuju tempat yang ditunjuk dan bertapa di Grojogan Sewu. Pada saat bertapa di air terjun, terlihat darah mengalir dan mengertilah ia bahwa perang Baratayudha telah terjadi. Setelah perang, Prabu Baladewa kembali Ke Hastinapura, dan mengetahui kekalahan Kurawa dan binasa di medan perang. Kemudian Prabu Baladewa mengikuti Pandawa mengasuh Prabu Parikesit hingga ajalnya.
Prabu Baladewa mempunyai senjata bernama Nanggala, kesaktiannya tak seorang pun yang mampu menahannnya sekalipun ia dewa.

BENTUK WAYANG

Prabu Baladewa bermata kedondongan, hidung dan muka serba lengkap, bermahkota jamang tiga susun dan garuda membelakang. Berpraba, bergelang, berpontoh, dan berkeroncong. Berkain katongan.
Prabu Baladewa berwanda; 1) Geger karangan Susuhunan Anyakrawati wafat Krapyak, 2) Kaget, 3) Sembada, 4) Paripeksa, 5) Rayung.

Sedjarah Wayang Purwa, terbitan Balai Pustaka juga tahun 1965. Disusun oleh Pak Hardjowirogo.

12 Komentar

  1. Yorfire said,

    Oktober 2, 2010 pada 10:08 am

    aku suka banget ma Baladewa / Balarama,… dia tokoh wayang favoritku,.. bahkan kakekku Almarhum suka mencocokkan aku dengan tokoh wayang yg satu ini,….katanya kakek karakterku amat mirip dengan Baladewa,….

    • wibatsu said,

      April 11, 2011 pada 12:50 pm

      Karakter Baladewa yang dikenal adalah mudah tersulut emosi. Sehingga muncul ungkapan di antara orang Jawa “aja dadi wong sing mbaladewa” yang artinya jgn menjadi orang yang keras kepala dan mudah tersulut emosi…

      Just my opinion

      • supreme said,

        Agustus 23, 2013 pada 6:21 am

        Setuju om, tapi walaupun mudah marah beliau sangat tegas dan adil..

  2. youmeesella rhatuna arkues said,

    September 6, 2011 pada 6:07 am

    hii, aku mau nanya yah. baladewa itu ga manusia yah ?
    soal nya ada yg ngaku2 sma keluarga aku kalo baladewa itu eyang (jaka tarub) yg menikah sama bidadari..
    dan skrg punya cucu laki2 yg nma nya karjo..
    bener ga sihh ?
    ksih tau aku mna yg bener donkk, bingung..
    thx before🙂

  3. cekak aos said,

    September 27, 2011 pada 9:32 am

    kenapa prabu baladewa memihak kurawa?

  4. prameswara said,

    Oktober 11, 2011 pada 7:43 am

    baladewa mudah tersulut emosi tapi mudah pula reda emosinya……..pa lagi kalo kena kresna….oi bala dewa tu titisannya basuki apa naga?

  5. April 1, 2012 pada 3:31 pm

    Apakah benar senjata Baladewa itu cepit? Apa arti kalimat Baladewa kehilangan cepitnya? Apakah Baladewa memang ikut perang Mahabharata dan kehilangan cepit? Terimakasih.

    • Sastrowijoyo said,

      Januari 31, 2013 pada 6:31 am

      Yang benar “Baladewa kehilangan gapit” artinya wayang kulit yang digambarkan sebagai tokoh gagah berani bersemangat jika tidak bergapit (tidak ada kerangkanya) akan lemas juga atau tak berdaya. Nah, Baladewa digambarkan sebagai tokoh yang gagah berani, bersemangat, tapi apabila sudah tidak bergapit akan tidak berdaya juga.
      Ini bisa digambarkan sebagai seseorang yang gagah perkasa, tetapi kalau sedang sakit, sedih, atau kehilangan sesuatu yang menjadi kekuatannya, akan tidak berdaya, seperti wayang Baladewa yang kehilangan gapit (kerangkanya).
      Baladewa tidak ikut berperang dalam Baratayuda, karena diminta Kresna (adiknya) supaya bertapa di Grojogansewu. Sebenarnya Kresna tidak menghendaki kakaknya itu ikut terlibat dalam perang besar tersebut, karena skenario yang sudah dibuat bisa kacau. Pertama Baladewa sangat sakti, sehingga akan membuat repot Pandawa. Kedua, rencananya Baladewa akan dihadapkan dengan Antareja, sedangkan anak Bima itu memiliki bisa yang mematikan. Kresna tidak mau melihat kejadian yang menyedihkan menimpa kakaknya itu.
      Demikian, semoga menambah wawasan.

    • supreme said,

      Agustus 23, 2013 pada 6:21 am

      kalo gak salah senjatanya Prabu Baladewa tu namanya
      NENGGALA

  6. Agustus 30, 2012 pada 1:51 pm

    Istrinya siapa ya? penting banget nih😥 tugas

  7. Ngatiran BSW said,

    Juni 12, 2013 pada 12:33 pm

    Baladewa itu tokoh wayang, bukan manisia. Baladewa anak Basudewa, tiga bersaudara. 1. Kakrasana (Baladewa), 2. Narayana (orang Solo bilang Nayarana) atau Kresna. 3. Kendeng Rekenani atau Sumbadra. Tidak ada hubungannya dengan karjo budug.

  8. Diaz Bagus shaputra said,

    Oktober 7, 2013 pada 2:10 pm

    Baladewa di ebeg banyumasan
    Ko gerakan tarinya bagus banget ya,,
    Mang dulu dia bisa nari juga apa?

    #bingunggg


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: