PRABU BASUDEWA

Prabu Basudewa

Prabu Basudewa

Prabu Basudewa seorang raja di Madura, putra Prabu Kuntiboja. Sebelum Prabu bertahta jadi raja di Madura ia berpermaisuri seorang puteri pendeta Begawan Kawita, bernama Dewi Maerah. Perkawinan ini mendatangkan bahagia, hingga jadi raja. Akan tetapi permaisuri itu juga menjadi sebab kerusakan kerajaan Madura, yaitu ketika negeri Madura kedatangan musuh seorang raja raksasa Prabu Gorawangsa. Gorawangsa dapat menyamarkan diri menjadi Prabu Basudewa dan dapat bergaul dengan Dewi Maerah hingga Dewi Maerah mengandung dan melahirkan Raden Kangsa.
Raden Kangsa inilah yang merusak negeri Madura, hingga putera putera Prabu Basudewa. sendiri terlantar: Tetapi sesudah Kangsa mati, kembali keamanan negeri Madura.
Prabu Basudewa bersaudara seorang putri bernama Dewi Kuntinalibrata, yaitu ibu Pandawa: Yudistira, Wrekudara dan Arjuna.

BENTUK WAYANG

Prabu Basudewa bermata kedondongan, hidung dan muka serba lengkap, berkumis dan berjanggut. Bermahkota, berjamang tiga susun dengan garuda membelakang, berpraba. Bergelang, berpontoh dan berkeroncong. Kain bokongan raton.

Sedjarah Wayang Purwa, terbitan Balai Pustaka juga tahun 1965. Disusun oleh Pak Hardjowirogo.

1 Komentar

  1. david win said,

    Desember 27, 2011 pada 1:55 am

    Basudewo luar biasa,krn sesuai dengan nama yg dberikan pd saya,saat tidur ada petir trus bangun,saya d panggil ‘Basudewo’ bangunlah…cerita ketemu cerita tryata basudewa adalah tokoh yg luar biasa…Sy akan belajar lbh lg tentang Prabu Basudewo…Mohon dbantu / dbimbing lebih lagi…Trim…Gbu All…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: