RADEN SAMBA

Raden Samba

Raden Samba

Raden Samba adalah putra Sri Kresna, raja di Dwarawati dengan permaisuri Dewi Jembawati. la seorang yang sangat elok roman mukanya, hingga kebagusannya ini dibuat perumpamaan orang yang beroman muka elok, dianggap sebagai Samba. Samba bermuka mendongak (Jawa: nglangak). bersuara nyaring bergema. Pandai bicara yang memikat hati dan jenaka. Tetapi ia tidak berkesaktian. Kepandaian bicara Samba hingga dapat menaklukkan keteguhan hati Dewi Wara Sumbadra, ialah bibinya, hingga Dewi Sumbadra menurut untuk dikawinkan dengan Arjuna, yang sebenarnya Dewi itu benci kepada Arjuna.
Pada suatu waktu Samba mendapat kesaktian karena dirajah tangannya oleh seorang pendeta. Tetapi kesaktian Samba itu hanya untuk sementara saja.
Samba adalah titisan Dewa Hyang Drema, dewa ini beristeri dengan Betara Dremi, yang memang Betari itu telah berjanji dengan Betara Drema akan bertemu sebagai suami istri di dunia juga. Hyang Drema akan menitis pada putera raja Dwarawati, yakni Raden Samba. Tetapi Betari Dremi keliru, kedatangnnya ke dunia mengikuti putra raja yang bernama Raden Bomanarakasura.
Setelah Raden Samba bertemu dengan Dewi Agnyanawati yang merupakan titisan Dewi Dremi maka ia harus menghadapi Raden Bomanarakasura. Raden Samba terbunuh dan badannya tercabik-cabik.
Wajah Raden Samba terhitung sebagus-bagusnya, hingga jadi seloka kebagusan orang laki-laki yang bermuka mendongak disebut seperti Samba pradan, ialah seperti wayang kulit Samba .yang berperada.

BENTUK WAYANG

Raden Samba bermata jaitan, hidung mancung, muka mendongak, bersuara enteng nyaring. Sanggul kadal-menek, dihias dengan garuda membelakang. Sunting sekar kluwih. Berkalung putera, bergelang, berpontoh dan berkeroncong. Kain bokongan putran (bentuk pakaian seorang putera raja).

Sedjarah Wayang Purwa, terbitan Balai Pustaka juga tahun 1965. Disusun oleh Pak Hardjowirogo.

2 Komentar

  1. dimas said,

    April 15, 2011 pada 11:39 am

    ok

  2. Juli 4, 2011 pada 1:16 am

    Tokoh Raden Samba adalah idolaku….bisa di jadikan kaca banggala…untuk mencapai cita2 jangan sampai…tergoda 3 hal..harta tahta wanita…samba sebenarnya berpeluang…menurunkan keturunan raja jawa…tetapi karena…tidak kuat menahan godaan….akhirnya harus terbunuh oleh kakaknya sendiri…bomanarakasura….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: