RADEN YAMAWIDURA

Raden Yamawidura

Raden Yamawidura

Raden Yamawidura putera Prabu Abyasa yang ketiga. la. mempunyai cacat, timpang (pincang) kakinya, tetapi sakti. Raden Yamawidura pernah diminta bantuan oleh Prabu Dipacandra raja di Pengombakan, buat melawan musuh. Setelah musuh itu dikalahkannya, ia dikawinkan oleh Prabu Dipacandra dengan puteri baginda yang bernama Dewi Padmarini.

Raden Yamawidura seorang bijaksana dan ahli hukum. Ia diangkat sebagai jaksa di negeri Hastinapura. Pada masa perang Baratayudha ia selalu menimbang suatu perkara, dengan adil tak memandang pada lawan atau kawan sendiri.
Menurut cerita, mengapa ketiga putera Prabu Abyasa masing-masing mendapat cacat, karena, waktu ibu Dastarastra melihat Prabu Abyasa yang pertama kali, ia takut, lalu menutup matanya, maka lahirlah putera yang kesatu Raden Dastarastra dengan buta matanya. Kedua, waktu ibu itu melihat Prabu Abyasa ia memalingkan muka, maka, lahirlah Pandu yang tengeng lehernya. Dan ketiga, waktu ibu Yamawidura melihat Prabu Abyasa ia akan lari maka Yamawidura timpang kakinya.

BENTUK WAYANG

Raden Yamawidura bermata jaitan, muka agak tenang, hidung mancung. Sanggul keling berjamang dengan garuda membeIakang dan sunting sekar kluwih. Berkalung ulur-ulur, bergelang, berpontoh dan berkeroncong. Kain bokongan lebekan berong (J. benjo).

Sedjarah Wayang Purwa, terbitan Balai Pustaka juga tahun 1965. Disusun oleh Pak Hardjowirogo.

1 Komentar

  1. November 29, 2010 pada 4:04 pm

    ohya? kalau prabu destarasta buta bukan karena dari lahir, tapi kerena disembur oleh nogopolo, pada waktu pandu masih anak2 atau remaja, mereka berdua main di hutan, dan ketemu raden nagapala, kemudia mereka berkelahi trus raden destarata disembur matanya hingga buta, kemudian raden pandu melihat saudaranya di sembur matanya oleh nagapala, maka raden pandu marah dan memotong lehernya nogopolo, jadi destarata buta bukan karena dari lahir tapi karna tersebut tadi,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: