RARASATI

Dewi Rarasati

Dewi Rarasati

Rarasati adalah anak Antagopa, penggembala ternak Prabu Basudewa di Madura. Tetapi sebenarnya Rarasati adalah putri Basudewa yang dirahasiakan. Rarasati adalah adik Patih Udawa di Dwarawati. Rarasati terhitung hanya seorang hamba, tetapi karena kecantikannya dan juga karena dalam bathin ia seorang puteri raja, begitu juga saudara Patih Udawa, maka ia diperisteri sebagai gundik oleh Arjuna. Rarasati sangat setia kepada Arjuna, apa yang diajarkan oleh Arjuna kepadanya diamalkannya dengan sempurna, maupun perihal menggunakan senjata. Karena itu ia juga sebagai puteri prajurit. Pada lakon Srikaridi maguru manah (berguru memanah) pada Arjuna, Rarasatilah yang melawan bertanding memanah dengan Srikandi. Srikandi dikalahkan, yang kemudian Srikandi berguru pada Rarasati, hingga, Srikandi berkepandaian sebagai Rarasati.

BENTUK WAYANG

Rarasati bermata jaitan, hidung mancung, muka agak mendongak. Bersanggul gede (besar) dengan sebagian rambut terurai. Berjamang dan sunting waderan, berkalung bulan sabit, bergelang dan berpontoh. Berselendang. Kain dodot putren.

Sedjarah Wayang Purwa, terbitan Balai Pustaka juga tahun 1965. Disusun oleh Pak Hardjowirogo.

1 Komentar

  1. Maret 31, 2011 pada 5:19 pm

    Kalau ada mohon sejarah Rarasati dan Arjuna, nama tokoh tersebut digunakan untuk nama ambalan Pramuka Penegak di SMP Mardi Waluya Bogor, terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: