DEWI SURYAWATI

Dewi Suryawati adalah putri Prabu Radea di negeri Pretapralaya. Prabu Radea selain berputera puteri, ia juga mempunyai putera pungut yang ditemuinya di tepi samudera dan diberi nama Radeaputra, yang juga bernama Suryaputra, karena diangkat putera oleh Hyang Surya. Dewi Suryawati dipersaudarakan dengan Suryaputra itu.
Setelah Suryaputra cala perang tanding dengan Arjuna, ia kembali ke negaranya, namun disusul oleh Pa-made. Konon kedua kesatria ini sangat mirip raut mukanya sehingga orang-orang tidak dapat membedakan keduanya. Setiba Pamade di Pretapralaya, ia disambut kedatangannya karena disangka Suryaputra. Kedatangan Pamade di Pretapralaya itu dengan maksud untuk meminta Dewi Suryawati menghibur Dewi Surtikanti. Permintaan Pamade itu dikabulkan oleh Prabu Radea yang mengira bahwa Pamade .itu Suryaputra. Dewi Suryawati dibawalah oleh Pamade.
Betapa terkejut Prabu Radea ketika akhirnya bertemu dengan Radeaputra dan diterangkanlah apa yang telah terjadi. Mengertilah Radeaputra bahwa ini perbuatan Pamade, lalu disusullah dengan segera. Tetapi Radeaputra tak dapat merebut Suryawati, sebab Suryawati telah berikrar setia pada Pamade.

BENTUK WAYANG

Dewi Suryawati berjamang, bersanggul, sebagian rambut terurai. Bergelang dan berpontoh.

Sedjarah Wayang Purwa, terbitan Balai Pustaka juga tahun 1965. Disusun oleh Pak Hardjowirogo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: