KRESNA DUTA

Perang Baratayudha dapat diartikan perang keluarga, perselisihan antara Pandawa dan Kurawa, yang kedua-duanya sama-sama darah Barata. Maka perang itu disebut Baratayudha, berarti perang darah Barata.
Adapun perang Pandawa dan Hastinapura itu disebabkan memperebutkan negeri tinggalan leluhur. Pada mulanya memang Pandawa telah mendapat janji dari Hastinapura, tetapi karena Pandawa belum dewasa, pembagian itu akan ditentukan setelah Pandawa telah dewasa. Lama-kelamaan pihak Hastinapura merasa sebagai peribahasa: mengulum gula, setelah terasa manis tak akan dikeluarkan dari mulut. Hingga beberapa kali dipinta tak berhasil. Oleh karena selalu ditunda-tunda oleh pihak Hastinapura maka datanglah Sri Kresna ke negeri Hastinapura agar pihak Kurawa mau mengubah sikap. Namun Hastinapura bersikeras tak akan melepaskan separuh wilayah negeri Hastinapura. Jawaban ini diikuti dengan persiapan perang. Pun Pandawa setelah tahu hal kehendak Hastinapura, bersiap juga. Pecahlah perang Baratayudha.
Sebelum perang terjadi, pihak Pandawa senantiasa berusaha agar hal ini yangan sampai terjadi, tetapi pihak Kurawa menurut tetap pada pendiriannya. Maka Prabu Kresna yang bertindak sebagai penasihat datanglah ke Hastinapura dengan maksud mendamaikan perselisihan ini. Dengan berkereta dan diikuti oleh Dewa-Dewa. Tetapi mereka itu tak berdaya. Maka mulailah perang itu hingga sehebat-hebatnya. Inilah perang penghabisan di antara Pandawa dan Kurawa, dan sehabis perang ini tamatlah cerita Wayang Purwa, disambung dengan cerita. Wayang Madya dimulai dari pendirian Prabu Parikesit.

Sedjarah Wayang Purwa, terbitan Balai Pustaka juga tahun 1965. Disusun oleh Pak Hardjowirogo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: