BRAGALBA

Bragalba

Bragalba

Bragalba adalah tokoh raksasa yang disebut juga raksasa prepat, yaitu punggawa kerajaan raksasa yang terkemuka. Wayang ini dapat dipakai dalam segala lakon dengan nama yang berganti-ganti. Adapun nama Bragalba hanya dipakai secara umumnya. Bragalba sendiri berarti harimau.
Pada suatu hari Bragalba mendapat titah dari Rajanya untuk menyerahkan surat kepada seorang raja. Baginda memberi restu pada Bragalba.
Sembah Bragalba: “Sinuhun hamba akan menjunjung titah Baginda, tak
lain hamba bermohon diri akan mati”.
Titah Baginda: “Bragalba, kamu tak kutitahkan mati, kuharap pintarlah
Kamu”.
Keluar Bragalba dari hadapan Raja berjalan mundur diiringi dengan lagu ayak-ayakan pinjalan. Suara lagu gamelan dan jalan Bragalba dengan mundur dirasakan sebagai pertanda buruk, dan kemudian matilah Bragalba oleh kesatria di tengah jalan. Terbuktilah kata Bragalba menyembahkan dihadapan Raja, sebagai kata sembah yang suci dengan bersandar keutamaan yang sejati. Kematian Bragalba dalam perang dengan kesatria, menghamburkan bau harum yang meliputi negeri tumpah darahnya.
Walaupun Bragalba sebangsa raksasa yang pada umumnya dipandang rendah tetapi memiliki kebesaran hati dan menjunjung tinggi titah baginda. Inilah prajurit sejati.
Raksasa ini selalu mati kena panah dalam peperangan dengan kesatria pada tiap-tiap lakon.

BENTUK WAYANG

Bragalba bermata belis, (asal dari kata iblis), hidung bentuk haluan perahu, mendongak, mulut terbuka, tampak gigi dan taringnya. Rambut terurai bentuk gimbal (bergumpal-gumpal). Berjamang dan bersunting waderan. Bergelang, berpontoh dan berkeroncong. Kain rapekan. Tangan hanya dapat digerakkan yang bagian depan.

Sedjarah Wayang Purwa, terbitan Balai Pustaka juga tahun 1965. Disusun oleh Pak Hardjowirogo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: