Gamelan Online

Setelah lama tidak mengupdate website wayangku (berhubung karena sudah tidak ada bahan wayang). Saya memutuskan untuk mengubah haluan. Mulai saat ini website wayangku selain berisi tentang berita wayang dan sekitarnya akan mencakup juga penggunaan technologi yang berkaitan dengan budaya Indonesia dan budaya Jawa pada khususnya. Mengapa technologi ? mungkin karena pada dasarnya saya ini orang teknik dan selalu tertarik dengan hal-hal teknis. Oh ya mudah-mudahan saya bisa menjadi rajin kembali untuk mengisi paling tidak seminggu sekali blog wayangku.

Gamelan Online adalah sebuah website yang berisi tentang Gamelan terutama Gamelan Jawa. Konsepnya pengunjung dapat ‘bermain’ gamelan melalui media flash. Karena websitenya cukup besar maka mungkin dibahas satu persatu terlebih dahulu agar dapat mencakup semuanya. Pada artikel ini bagian tersebut adalah Play. Untuk memudahkan bagaimana kalau anda melihat langsung websitenya di : http://gamelanonline.com/.

Website Gamelan Online

Website Gamelan Online

Di screenshot diatas dapat dilihat menu dari Gamelan Online seperti antara lain : Play, Game, Blogging, Keep us dan Vision. Mari kita klik Play. Yang akan membawa kita ke halaman berikut.

Menu Play

Menu Play

Seperangkat Gamelan jawa tampak terlihat di Play. Kita dapat lihat pada bagian bawah terdapat 5 tombol yang antara lain :

  1. Lirik lagu : yang berisi notasi lagu
  2. Demo : yang berisi demo gamelan
  3. Home : tombol untuk kembali ke halaman depan Play
  4. Controler : untuk memainkan Gamelan dengan menekan tombol.
  5. Bantuan : berisi informasi bagaimana memainkan Gamelan.

Selain itu pada bagian tengah terdapat gambar seperangkan alat gamelan seperti bonang, bonang penerus, kendang, gong kempul, kenong, peking, saron dan slentem.  Perangkat ini adalah perangkan dasar dari sebuah set gamelan. Untuk memainkan, cukup di klik pada gambar tersebut. Disini mari kita coba perangkat peking. 

Peking

Perangakat alat musik Peking

Dengan menggunakan mouse sebagai alat musik kita dapat langsung memainkan peking ini. Tidak semua perangkat musik dapat dimainkan menggunakan mouse. Untuk beberapa alat seperti kendang harus menggunakan keyboard. Informasi mengenai tombol-tombol apa yang harus digunakan untuk memainkan peralatan musik dapat dilihat di bagian Contoler.

Secara umum bagian ini cukup menarik, terutama bagi yang ingin memainkan gamelan secara langsung dan untuk mengenal apa sih itu gamelan. Tapi tidak cukup interaktif, mungkin karena bagian interaktif terdapat pada menu game yang akan dibahas pada artikel berikutnya.  Sekali lagi saya mengajak teman-teman untuk mencoba secara langsung website anak bangsa ini.

Salam gamelan :)

About these ads

2 Komentar

  1. Sudiyanto Pandji said,

    April 6, 2012 pada 6:08 am

    Bagus, ……. saya bangga dengan orang-oramg muda seperti anda. Saya dukung, semoga kita sukses melestarikan budaya bangsa.

    • bosangjay said,

      April 6, 2012 pada 7:40 am

      Bener mas, sebenarnya banyak karya-karya teknologi budaya Indonesia buatan anak bangsa. Tapi sayang kurang di ekspos di Internet. Nanti saya tambahkan bahan-bahan baru : aksara jawa, permainan dakon, gamelan di Iphone ….. pokoknya website ini arahnya sekarang kesitu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 44 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: