Gamelan Online : The Game

Bagian kedua dari resume saya mengenai website Gamelan Online : The Game. Mungkin karena ingin mengkhususkan dan mementingkan makna Game maka website ini membuat bagian tersendiri (dengan flash) bagian Game atau permainan. Untuk kebagian ini dari halaman muka : http://gamelanonline.com/  klik pada bagian Game (Learn to play gamelan by “gamelan game online”) yang akan membawa anda kepada halaman game.

Halaman depan Game

Kenapa Musti login ... kita kan cuma mau lihat ?

Disini anda langsung dimintai untuk login masuk dengan memberikan “User Name” dan “Password” yang menurut saya mungkin tidak perlu. Hal ini dikarenakan tidak semua orang mau untuk membuat account sebelum mencoba sebuah permainan. Lebih menarik apabila halaman ini ditampilkan apabila hendak menyimpan score hasil permainan atau mungkin untuk bermain pada level lebih tinggi. Mudah-mudahan pada versi berikutnya ini bisa menjadi masukan.

Untuk anda saya membuat account, dan apabila digunakan saya masuk ke menu utama Game.

Menu utama

Terdapat empat menu, yaitu :

  • Play Game : Untuk mulai permainan
  • Level : Memilih tingkat kesusahan
  • Account : Informasi account anda.
  • Help : Keterangan mengenai aturan mainan, tombol kontrol dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya mungkin dijelaskan disini bagaimana caranya bermain dengan GameLan Oneline : Pertama kita harus memilih level,  dan kemudian memainkan alat musik dengan menekan keyboard : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Kita harus mengikuti text guide (semacam karaoke tapi berbentuk angka). Kalau benar dapat skore 73 dan kalau salah minus 36 (kenapa 73 dan kenapa 36 ya ??). Kalau dilihat ini semacam gabungan antara : karaoke dan Guitar Hero.

Memilih level

Sekarang kita klik bagian “Play Game” disini kita dapat memilih Level. Karena baru pemula maka Levelnya masih paling rendah yaitu Level satu dan instrumen yang bisa digunakan juga cuma Kempul.

Sukses pada percobaan pertama

Yeaah saya berhasil pada percobaan pertama. Lanjut …

Bermain tapi sedikit bingung

Cukup sampai disini testingnya

OK, setelah dua kali mencoba, saya rasa sebenarnya Game ini masih jauh untuk dibilang sebagai Game. Masih banyak yang harus ditambahkan, terutama karena tidak terasa interaktifnya, apabila kita menekan pada saat yang tepat (atau saat yang salah) kita tidak tahu, satu-satunya indikasi cuma pada score. Mungkin lebih menarik apabila ada musik yang salah atau musik yang berbeda. Hal ini sangat disayangkan.

Sebagai penutup, saya ingin mengucapkan selamat kepada Gamelan Online yang berani untuk menampilkan gamelan yang merupakan budaya Indonesia dengan kemasan teknologi. Pada saat saya menulis Gamelan Online masih pada versi Beta, mudah mudahan bisa jadi versi final suatu saat (ayooo dong jangan berhenti di Beta). Kita tunggu ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: