Kesimpulan

Lebih tepatnya lagi adalah uneg-uneg dari pada kesimpulan. Ditengah semakin berkurangnya minat untuk memainkan gamelan di Indonesia, ternyata gamelan mendapat tempat sendiri dihati para musisi asing. Aplikasi Gamelan Mécanique adalah bukti keseriusan mereka dalam mengajarkan dan memperkenalkan gamelan kepada publiknya. Sebagai orang Indonesia, saya sendiri merasa malu, karena bukannya membuat aplikasi tapi eh sudah keduluan oleh orang luar.

Beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab. Salah satunya adalah, susanya akses bagi para pemuda kita untuk memainkan gamelan. Sehingga merekapun lebih tertarik untuk menyewa studio musik pop atau rock (seperti saya pada waktu dulu). Saya sendiri baru mengenal gamelan dari dekat setelah memainkannya di KBRI Paris. Dan ternyata gamelan itu tidak membosankan seperti yang dulu saya kira, bahkan mengasyikan apabila kita sudah mulai bisa menguasai satu, dua lagu.

Pesan saya kepada kawan-kawan sebangsa, agar merebut kembali aplikasi flash gamelan ketangan ibu pertiwi (perang kali), maksudnya bagaimana agar para programer kita membuat aplikasi gamelan yang jauh lebih bagus dari pada yang ini. Dari saya sendiri, saat ini sedang membuat aplikasi Angkung Hero untuk alat musik angklung, namun karena banyak halangan, harap bersabar dulu sebelum mencobanya.

Bagi teman-teman yang telah sukses mengaransemen lagu, jangan malu malu untuk memposting lagu anda kesaya, agar kita dapat berbagi🙂.

Akhir kata sukses selalu indonesia.

1 Komentar

  1. iqbal said,

    Agustus 26, 2009 pada 6:11 am

    salam kenal, iqbal di jogja nih,
    matur nuwun kang, udah dikasih link gamelan dan aplikasinya, semoga dengan aplikasi akan lebih mempublikasikan musik tradisi di tanah air..
    salam budaya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: