Kalender jawa online BARU

Masih suka lihat kalender yang isinya macem-macem, dari tanggalan masehi, tanggalan jawa lengkap dengan wuku dan hari pasaran serta tanggalan hijriah. Di daerah jawa tengah dan yogyakarta biasanya orang menemui ini saat hendak mencari sebuah kalender. Walaupun ada tiga macam penanggalan dalam kalender tersebut, orang biasanya menyebutnya Kalender Jawa saja.

Prinsip dari kalender jawa online yang ditampilkan oleh wayangku adalah sederhana yaitu menampilkan kalender tersebut dengan tiga sistem penanggalannya secara online. Memang sudah ada beberapa website lain yang menampilkan hal yang sama seperti http://www.bausastra.com/main/ tapi untuk sedikit membedakan dari website tersebut maka format kalender yang ditampilkan adalah bulanan.

Berikut tautan menuju aplikasi kalender online wayangaku :

http://css-calendar.appspot.com/KalenderJawa.jsp

Berikut adalah gambar tangkap dari applikasi kalender jawa online :

kalender jawa online

kalender jawa online

Tampilannya sederhana, seperti kalender biasa, pada bagian atas terdapat bulan dalam sistem masehi diikuti oleh tanggal jawa (bulan, tahun, windu dan lambang) dan tanggal hijriah. Terdapat dua tanggal untuk jawa dan hijriah untuk menandakan tanggal  pada awal bulan dan akhir bulan.

Pada bagian kalendernya, bagian atas ditulis wuku dari tanggal jawa. Sedangkan tiap-tiap kotak terdapat 3 angka yaitu : tanggal masehi (terletak diatas), tanggal dan hari pasaran jawa (terletak di kiri bawah) serta tanggal hijriah (terletak pada kanan bawah).

Fasilitas tambahan dari applikasi ini adalah : akses cepat yang terletak dikanan atas dan navigasi kalendar (ke bulan sebelum dan bulan sesudah).

Bagaimana sistem kalender jawa

Sistem kalender jawa di prakasai oleh Sultan Agung Mataram, yang hendak menyatukan antara kalender hijriah dan kalender jawa yang ada saat itu. Hal inilah yang menyebabkan kalendar jawa menjadi unik.

Dalam kalender ini terdapat lebih banyak siklus-siklus perulangan dibanding dengan kalender masehi, seperti Lambang yang berputar setiap 2 Windu,  Windu yang berputar setiap 8 tahun, 1 tahun terdiri dari 12 bulan. Serta siklus nama harian yaitu : nama hari (senin-minggu), nama pasaran (legi, kliwon ..), nama wuku yang terdiri dari 30.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya bisa dilihat di http://id.wikipedia.org/wiki/Kalender_Jawa

Selamat mencoba.

64 Komentar

  1. sugiyono said,

    Januari 22, 2011 pada 2:55 pm

    kalender jawa yang th. 2011 belum ada ya ?

    • bosangjay said,

      Februari 3, 2011 pada 7:12 pm

      Programnya masih kacau mas, belum sempat diperbaikin, mohon maaf

  2. afrien said,

    April 29, 2011 pada 5:18 pm

    om, bisa ajari cara buat calender jawa nya..

    saya dapat tugas tapi bingung gimana cara ngerjainnya

    mohon bantuannya…
    terima kasih…

  3. wisnu pulunggono said,

    Mei 6, 2011 pada 3:05 am

    mas kl aplikasi apa program tulisan jawa ada ndak????

  4. Agoes said,

    Juli 10, 2011 pada 12:55 pm

    kalender jawa, untuk mencari tahu dari kalender masehi ke jawa bagaimana caranya

  5. Yulia said,

    Agustus 10, 2011 pada 10:13 pm

    Kalau lahir hari selasa wage,bulan bakdamulud 1982.
    Jatuh pd tgl dan bulan apa?
    Trimakasih..

  6. enra damanik said,

    September 3, 2011 pada 7:28 am

    kalau tgl 11 nov 2011 apakah bagus untuk pernikahan ?

  7. didin fahrudin said,

    September 25, 2011 pada 3:40 pm

    saya lahir tanggal 25 november 1981
    menurut tanggalan jawa saya wage or kliwon apalah say ga tau
    tolong di tunggu jwban nya..
    thanks..!!

  8. Oktober 4, 2011 pada 8:00 am

    kalau lahir tangal 13-02-1982 (sabtu) itu jatuh pada wage/pon/kliwon/legi/pahing ?
    trimakasih …

  9. ari f said,

    November 27, 2011 pada 3:43 am

    kalender th 1996 gak ada ya….??

  10. saringun said,

    Desember 23, 2011 pada 10:27 am

    maaf saya mau numpang nanya…
    saya lahir tanggal 12 robiul awal jatuh pada hari rabu,,,
    yang saya tanyakan tanggal berapa dan bulan apa di kalender nasional.
    terima kasih..

  11. Adhy said,

    Desember 25, 2011 pada 5:22 am

    Mohon bantuannya Ibu saya lahir di hari Minggu Wage tahun 1965 dan sampai umurnya yang ke 55 tahun ini beliau belum mengetahui kapan tanggal dan bulan beliau dilahirkan. Mohon bantuannya untuk informasi tanggal dan bulan orang yang lahir di Minggu Wage 1965.

    Salam,

  12. NakLengeh said,

    Desember 28, 2011 pada 1:48 pm

    salam kenal sob, mau tanya nih dimana bisa dapatkan aturan / ketentuan perhitungan kalender jawa yang lengkap (referensi teori tentang ketentuan perhitungannya)

  13. Sri Retno Wulandari said,

    Januari 9, 2012 pada 5:00 pm

    Saya lahir pada tanggal 13 Mei 1957. Mohon diberitahu apakah weton jawa saya? Terimakasih sebelumnya……SRW

    • bosangjay said,

      Januari 11, 2012 pada 4:05 pm

      Kayaknya harus dicari/dibuat program untuk mencari Weton

  14. Januari 15, 2012 pada 4:08 pm

    saya lahir tgl 15 juni 1982, saya mau tahu hari dan pasaran apa pak?

  15. marwanda slamet said,

    Januari 16, 2012 pada 4:36 pm

    Sya mo tau,,,klo hari jum’at tgl 02 maret 1984 itu pahing,legi/kliwon ya???

  16. indra said,

    Januari 18, 2012 pada 5:39 pm

    wedaw………..

  17. arco said,

    Januari 19, 2012 pada 6:22 am

    koq weton pada kalender online 2012 berbeda/lebih maju sehari jika dibandingkan dg kalender lain (kalender lain yg pernah saya liat)?

    untuk ibu Sri Retno Wulandari mungkin bisa mencari weton di http://ki-demang.com/php_files/01%20penanggalan%20on%20line.php

  18. waram said,

    Januari 23, 2012 pada 8:01 am

    kalo lahir hari sabtu tgl jawany 22 jumadilawal 1981,mohon bantuanya secara detail terima kasih.

  19. poniman said,

    Januari 25, 2012 pada 7:43 am

    anak saya lahir 11 januari 2009 yang saya mau tanya kan kalo kalender jawa jatuh senin apa ya trims

  20. imam said,

    Februari 2, 2012 pada 5:39 am

    Sangat bagus untuk melestarikan budaya jawa

  21. Rendra said,

    Februari 17, 2012 pada 1:42 am

    mungkin bisa share source nya ini?
    mungkin aku bisa bantu untuk mengembangkan :)
    bukan untuk aku komersilkan kok…ikhlas mau bantu ngembangkan..
    aku tertarik sekali :)

    • bosangjay said,

      Februari 29, 2012 pada 2:46 pm

      Yah nanti setelah saya perbaiki saya jadikan opensource :)

  22. rudiyanto said,

    Februari 20, 2012 pada 12:46 pm

    hari senin tanggal 9 pahing tahun 1979. di kalender nasional tgl berapa?

  23. desman yusri said,

    Maret 1, 2012 pada 12:47 pm

    mas kalau 1 des 1987 ntu dlm kalender jawa hari apa y?? penting mas sy mohon bantuannya

    • bosangjay said,

      Maret 1, 2012 pada 12:55 pm

      Waduh harus ngitung dulu.
      9 Bakda Mulud 1920, Selasa Pahing

      Dina, Pasaran : Selasa, Pahing
      Windu, Lambang : Sengara, Kulawu
      Warsa : Be
      Wuku : Sungsang
      Môngsô : Kapitu-Palguna (22/11 s/d 02/02)
      Sadwårå/Paringkêlan : Mawulu
      Haståwårå/Padewan : Indra
      Sångåwårå/Padangon : Dadi
      Saptåwårå/Pancasuda : Satrya Wirang
      Rakam : Dêmang Kadhuruwan
      Paarasan : Aras Kêmbang

      Sumber :
      http://ki-demang.com/almanak/?do=konversi&tg=1&bl=12&th=1987

      • desman yusri said,

        Maret 1, 2012 pada 1:08 pm

        jadi saya selasa pahing mas???plisss massss..plisss

  24. desman yusri said,

    Maret 1, 2012 pada 1:02 pm

    jadi saya selasa pahing mas???

  25. Azer said,

    Maret 7, 2012 pada 2:58 am

    bulan februarinya kurang tanggal 28 tuh jadi ke belakang kurang sehari semua…

    • Oktober 4, 2012 pada 10:30 am

      pake kabisat saja dengan modulo. fungsinya pake apa tergantung softwarenya. atau bisa buat sendiri kok. jd tidak tergantung dengan feb=28 or 29

  26. Tomo gunawan said,

    Maret 16, 2012 pada 11:56 pm

    Mau nanya klo tanggal 10maret 1988, jatuh dihari kamis apa?

  27. Fitri said,

    Maret 17, 2012 pada 4:05 am

    Mau minta tolong,
    kalo lahir hari selasa pon bulan maret 1979 tgl nasional nya apa yah?
    Tolong di bantu yah,penting bgt.

  28. kancil said,

    April 1, 2012 pada 4:02 am

    kalender yang saudara pake itu kalender ASAPON.
    bagaiamana dengan kalender ABOGE?

    • bosangjay said,

      April 2, 2012 pada 7:59 am

      Apa itu sistem ABOGE ?? Yang saya tahu cuma sistem yang sekarang. Kalau mungkin ada referensi tolong dimuat disini

  29. Cak Win said,

    April 1, 2012 pada 6:41 am

    ijin bertamu Kang, sangat bermanfaat sekali kalender ini buat saya… Apa ada yang untuk versi hp s60v2 Kang?

  30. nugraha said,

    April 11, 2012 pada 8:26 am

    mohon di beritahu bila seseorang lahir tgl nasional tanggal 26 september 1982 jatuh hari apa pasaran jawanya terimakasih informasinya

  31. cokro amijoyo said,

    April 16, 2012 pada 5:31 pm

    Lah…. ko hari pasaranya salah , ngga pas dengan kenyataan . mohon diralat

    • bosangjay said,

      April 18, 2012 pada 1:03 pm

      Iya ini kayaknya ada bug, untuk sementara saya off line kan dulu applikasinya

  32. April 20, 2012 pada 3:48 am

    saya ada data peristiwa tapi cuma ada hari, pasaran, tanggal dan bulan jawa, yaitu KAMIS WAGE, tanggal 12 bulan BESAR,,, lalu berapakah TANGGAL, BULAN dan TAHUN MASEHINYA, mohon bantuan,,,

  33. melani said,

    Mei 14, 2012 pada 12:46 pm

    7 mei 2012 hari pasaran jawanya apa ya, mohon diberitahu, makasih

  34. fitri said,

    Mei 24, 2012 pada 10:08 am

    pak saya mau nanya, tahun 2012 ini untuk perhitungan tahun jawanya namanya apa ya?

  35. Siyono said,

    Juni 3, 2012 pada 10:53 am

    Aq lahir tgl 18 08 1980 jum at wage. Aq tanya diprimbon jawa senen legi, yang benar yang mana? Tolong jawabannya.

  36. anis said,

    Juni 4, 2012 pada 5:09 am

    mas tgl 13 november 1982 kena hari apa ya..klo g salah saptu ya..truz pon/kliwon/page/pahing ya..tolong ya gan di bls seceptnya

  37. deflinarti said,

    Juni 7, 2012 pada 10:50 am

    saya mau nanya 30 desember 1988,jatuh pd jumat apa?

  38. Juni 15, 2012 pada 1:57 pm

    saya tanya tgl 21 februari jatuh pada pasaran apa

  39. Juni 18, 2012 pada 11:36 pm

    woowwwwww……amaziiingggggg

  40. risky said,

    Juni 24, 2012 pada 3:59 am

    tgl 17 bln 7 thn 1989,w2ton pa ya

  41. yenny said,

    Juli 5, 2012 pada 6:34 am

    Mas mohon bantuannya, mau menghitung 1000 hari meninggalnya ibunda di tgl.. 11Oktober 2009. Tgl. berapa persisnya thn ini ??
    Makasih sebelumnya

  42. rachmat djamal said,

    Agustus 6, 2012 pada 2:21 pm

    salut utk intelektual tanggalan jawa….

  43. Delfi handayani said,

    Agustus 9, 2012 pada 3:24 am

    Mas, saya lahir tgl 25 desember 1988 hari minggu. Kl hari pasaran jawanya, hari apa ya mas??

  44. sunan said,

    Agustus 12, 2012 pada 1:47 am

    hlo selamat pagi temen2 klau tgl.23-8-1974 itu hari apa ya dan wetonnya apa../ mohon jawabannya

  45. Agustus 14, 2012 pada 12:20 am

    Pada hari pasaran ternyata tidak sesuai dengan kalender umum. Misalnya, tanggal 14 Agustus 2012 seharusnya jatuh pada hari Selasa Kliwon. Tetapi di kalender ini Selasa Wage. Kalau tidak dibetulkan, kalender ini menyesatkan banyak orang.

    • bosangjay said,

      Agustus 14, 2012 pada 7:52 am

      Hmm sepertinya ada bug karena pada saat ini untuk tanggal 14 agustus jatuhnya pada Selasa Kliwon, terima kasih atas pemberitahuannya.

  46. yohana said,

    September 19, 2012 pada 10:49 am

    maaf mau ikutan tanya,sya lahir tgl 15 juni 1966 atau hari rabu pon.mau tanya,klw sya buka usaha grosir pulsa di bulan oktober 2012 hari baik nya apa saja ya?? trima kasih

  47. yohana said,

    September 19, 2012 pada 12:44 pm

    paaaak..numpang tanya lg dong,sya lahir tgl 15 juni 1966 atau rabu pon,klw sya ingin buka grosir pulsa,bulan oktober 2012,hari yg bagus hari apa ya?? trima kasiiih..

  48. yohana said,

    September 20, 2012 pada 3:05 am

    maaf kok belum ada jawaban dari pertanyaan sya ya pak..mohon informasi nya ya pak..

  49. yohana said,

    September 20, 2012 pada 4:31 pm

    mana nie pak jawaban’na?? :)

    • bosangjay said,

      Oktober 5, 2012 pada 8:30 am

      Maaf saya nggak kompeten untuk mencari hari baik .. karena menurut saya semua hari baik :)

  50. bellinda said,

    September 21, 2012 pada 1:29 pm

    saya mau tanya kalau tanggal 11 desember 1975 hari jawanya kamis apa ya?

  51. Teguh hindarto said,

    September 23, 2012 pada 3:30 pm

    tgl 24 september 2012 hari senin apa pasaranya.trims


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 44 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: