Petunjuk Penggunaan

Pada bagian ini saya ingin menjelaskan bagaimana menggunakan aplikasi Gamelan Mécanique. Sebenarnya diaplikasinya sendiri sudah terdapat penjelasan yang cukup jelas. Namun karena semuanya ditulis dalam bahasa Prancis, maka tentu saja akan susah dimengerti bagi teman-teman yang tidak menguasai bahasa tersebut.

Mula mula kita memilih salah satu jenis gamelan dengan mengklik pada tulisan yang tersedia. Misalnya kita pilih Sekar Alit (saya ambil yang ini karena kebetulan saya sendiri pernah memainkan degung).

Disini dapat kita amati bahwa pada bagian menu kiri terdapat beberapa tombol. Untuk memulai klik pada tombol Play.

Berikut adalah petunjuk-petunjuk dasar penggunaan :

  • Motif : motif yang dimaksud adalah motif nada, 1 motif terdiri dari 16 ketukan. Jumlah motif yang dapat dimainkan secara berkelanjutan ada 4 : A, B, C, D.
  • Mode : Segitiga, Lingkaran dan Kotak, yang nampak pada gambar diatas adalah Mode Segitiga (saya namai sendiri mode gambar karena terdapat gambar gamelan). Disini kita dapat melihat bagaimana gamelan tersebut dimainkan dengan bantuan warna yang muncul pada alat musik tersebut. Mode lingkaran lebih mempersentasikan nada-nada secara keseluruhan (keempat motif) dalam bentuk lingkaran. Sedangkan mode kotak digunakan untuk memodifikasi/mengaransemen sebuah motif lagu.
  • Tempo : untuk mengatur kecepatan dengan cara menaik turunkan lingkaran kecil yang terdapat pada sebelah kiri tempo.
  • Play/Stop : untuk memainkan dan memberhentikan lagu.
  • Alat musik : setiap alat musik dapat diatur untuk dimainkan atau tidak. Hal ini dilakukan dengan mengklik nama alat yang terdapat pada bagian atas (dalam contoh ini : gong, pull, cempres, peking, bonang dan kendang), lebih asyik lagi kita dapat memainkan sendiri dengan cara mengklik pada instrumen musik tersebut.

Saya undang teman-teman untuk mengeksplorasi sendiri lebih lanjut aplikasi ini.

Aransemen Motif


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: