RADEN SETYAKI

Raden Setyaki

Raden Setyaki

Raden Setyaki putera Prabu Setyajid di Lesanpura, ia juga bernama Wresniwira karena merupakan putra Dewi Wresni, dan disebut juga kesatria Lesanpura. Walaupun Setyaki adalah putra mahkota yang akan menggantikan ayahandanya untuk memerintah di Lesanpura, tetapi ia memilih untuk pergi meninggalkan negerinya dan mengikuti iparnya, Prabu Kresna di Dwarawati, yang merupakan seorang titisan Betara Wisnu.
Di negeri Dwarawati Setyaki dianggap sebagai pahlawan, dan karena kesaktiannya, ia mendapat julukan Bimakunting, artinya Sang Bima (Bratasena) yang kerdil.Dalam perang Baratayuhda, Setyaki membinasakan banyak musuh dengan senjata, gadanya. Setyaki lanjut usianya hingga setelah perang Baratayudha.

BENTUK WAYANG

Raden Setyaki bermata kedondongan, hidung dan mulut semada, berkumis. Berkadal-menek, berjamang dengan garuda membelakang. Bergelang, berpontoh dan berkeroncong. Berkalung bulan sabit. Kain kerajaan lengkap.
Setyaki berwanda 1 Mimis, 2 Wisuna dan 3 Kakik.

Sedjarah Wayang Purwa, terbitan Balai Pustaka juga tahun 1965. Disusun oleh Pak Hardjowirogo.

14 Komentar

  1. catur said,

    Desember 20, 2008 pada 6:11 am

    wonten punapa watak lan karakter Raden setyaki boten kasebataken Ki, ngapunten dereng pitepangan, nuwun

  2. bosangjay said,

    Desember 23, 2008 pada 8:43 pm

    Saudara Catur,

    Jangan pake Ki ora pantes (lha wong boso jowo isone cuma ngoko). Untuk watak dan karakter dari Raden Setyaki memang belum lengkap. Mungkin ada yang bisa membantu

  3. HENDRO said,

    Mei 25, 2009 pada 3:42 am

    ajeng tangklet soal profil setyaki masa mudanya

  4. Sri Suprihartono said,

    April 16, 2010 pada 3:40 am

    Raden Sentyaki memang sembodo, sakti dan satria sederhana… tanpa tedeng aling membela yang benar … walaupun pengetahuanku tentang wayang kurang tapi aku memang paling suka tokoh Raden Sentiyaki – Sencaki …. dibanding tokoh-tokoh lain .. di rumahkan ada wayang kulitnya ..

  5. Angga said,

    Juni 17, 2010 pada 6:49 am

    nuwun sewu…terosipun mbah kakung kulo…kulo gadah persamaan kalih setyaki.nggih niku awak alit naming gagah yen nandangi panggawean lan masalah…nopo niku sing di arani satriya bimo kunting

  6. niu said,

    Oktober 8, 2010 pada 3:38 am

    mungale mas2 ingkang dodolan wayang ting malioboro… sentiaki niku sakti, ganteng lan setia kalih 1 wanita….
    top lahhhh

  7. utomo said,

    November 21, 2010 pada 7:11 am

    setuju … setyaki adalah prajurit yg gagah berani dg karakternya yangi berani mati untuk kebenaran, loyal pada pepundennya, rame gawe sepi pandum, semua dilakukan dg iklas, sembodo dengan keberaniannya, dan berjiwa ksatria.

  8. yayuk q-nonk said,

    Maret 13, 2011 pada 1:49 pm

    dulu teman sy yg ‘indigo’ bilang pacarku punya watak setyaki, wah aq seneng banget krn setyaki type setia pd 1 wanita. setelah menikah selama 20 th terbukti dy lurus, gak neko2,pemberani, sayang keluarga. teguh memegang prisip keadilan. alhamdulillah, wasyukurillah Allah SWT memberiku imam yg amanah.

  9. wahyono said,

    Mei 9, 2012 pada 1:20 am

    napa raden sentiaki gadah putra nggih sedulur, namine sinten.maturnuwun

  10. tiger said,

    Januari 22, 2013 pada 1:21 pm

    dulu waktu aku msh bujang,guruku pernah bilang klau”pewayanganku’itu setyaki(mgkn 10thn yg lalu)suatu hr mmg aku pnh mimpi ada seekor macan putih yg mau ikut aku..ktne klau kamu ntar mambutuhkan dia,dia akan dtg membantu.bhbg waktu itu sy ndak suka neko2 ya tak cuekin aja..e.. td siang br denger dr radio ttg r setyaki sy jd tertarik….kok critanya mirip2 yg pnh tjd smp dgn besikuning yg ada ditgn/wijayakusuma/ttg macan putih….ALLAHU AKBAR..

  11. Masbro said,

    Maret 22, 2013 pada 11:58 am

    Asmo kulo adaptasi saking asmo raden sentiaki.kulo setiyoko

  12. rzal said,

    November 1, 2013 pada 11:17 pm

    bgus bnget wyng styaki

  13. rzal said,

    November 1, 2013 pada 11:19 pm

    waw? kr3n bngt wy4ng rden setyaki???…


Tinggalkan komentar